10 Cara Menghilangkan Sifat Over Protektif Pada Pasangan

Mypoly Indonesia – Saya sayang dan cinta kepada seseorang merupakan hal yang wajar. Rasa cinta juga bisa menimbulkan rasa ingin memiliki kepada seseorang untuk terus mendampinginya, menjaganya, dan ingin hidup bersamanya.

Namun rasa ingin memiliki yang begitu berlebihan justru akan membuat kita menjadi over protektif terhadap pasangan. Bisa karena takut kehilangan pasangan yang du cintai atau juga bisa karena takut orang yang dicintainya terkena bahaya jika tidak bersama kita.

Biasanya sifat over protektif ini erat hubungannya dengan perasaan cemburu yang berlebihan. Jika kamu memiliki sifat over protektif ini alangkah baiknya untuk menghilangkannya, karena sangat tidak baik untuk keberlangsungan hubungan.

Baca Juga – 6 Tips Menjalani Hubungan LDR Langgeng Hingga ke Pernikahan

Berikut ini 11 cara menghilangkan ssifat over protektif kepada pasangan.

Tumbuhkan rasa percaya kepada pasangan

Tenangkan hati dengan mulai menumbuhkan rasa percaya kepada pasangan. Mungkin kamu pernah kecewa karena dibohongi. Namun tidak ada salahnya membangun kepercayaan kembali demi hubungan kalian. Kurnagnya kepercayan ini seringkali membuat hubungan pasangan kurang harmonis.

Hilangkan semua prasangka buruk pada pasangan

Sifat over protektif bisa datang karena pikiran dipenuhi dugaan-dugaan yang tidak baik terhadap orang yang kamu cintai, Padahal dugaan-dugaan seperti inilah yang mengakibatkan timbulnya pertengkaran dan menurunnya rasa percaya.

Yakinkan diri bahwa orang yang kita cintai baik-baik saja

Kamu harus yakinkandiri bahwa dia akan baik-baik saja messkipun tidak bersamamu atau saat dia berada di luar jangkauanmu. Kamu juga harus ingat bahwa dia bisa juga bisa menjaga dirinya sendiri dengan baik, dan biarkan dia menikmati harinya.

Selalu berpikir positif

Selalu berpikir hal yang baik pada pasanganmu, dengan berpikir positif kamu bisa mengurangi rasa cemas yang ada di pikiranmu.

Jangan terlalu cemburu

Kurangi sifat mudah cemburu. Jangan mudah merasa cemburu kepada siapapun, pasanganmu juga ingin berteman dengan orang lain. Dia juga berhak memperluas pergaulannya.

Sadar bahwa pasangan juga memiliki ruangnya sendiri

Pasangan kita juga memiliki ruangnya sendiri, dia juga butuh ruang untuk menikmati dunianya sendiri. Selain itu dia juga membutuhkan ruang privasi untuk menikmati hidupnya dan teman-temannya.

Lawan rasa takut

Sifat over protektif yang kamu miliki juga muncul karena adanya rasa takut yang berlebihan. Ini akan memicu sifat jelek dengan membatasi ruang geraknya dengan memberikan banyak peraturan-peraturan yang membuatnya terkekang.

Baca Juga

Ubah cara pandang

Ubah cara pandang dan cara berpikirmu terhadap suatu hal. Bisa jadi sifat over protektifmu muncul karena cara pandang kamu yang salah.

Beri kebebasan kepada pasangan

Pasangan kita juga memiliki hak untuk berkembang dan merasakan kebebasan. Biarkan dia belajar, bergaul, dan berkembang dengan lingkungan sekitarnya.

Biarkan orang yang kita sayangi menjadi mandiri

Kamu tidak akan bisa selalu berada di sekitarnya setiap saat, untuk itu biarkan dia hidup mandiri demi kebaikannya nanti.

Rasa protektif hanya akan memperkeruh hubungan dan berujung pada perpisahan. Jika kamu memiliki sifat ini sebaiknya secepat mungkin menghilangkannya dengan beberapa tips diatas.

2 thoughts on “10 Cara Menghilangkan Sifat Over Protektif Pada Pasangan

  1. Pingback: 7 Cara Mencegah Pasangan Selingkuh - Mypoly Indonesia

  2. Pingback: Inilah 6 Perbedaan Gaya Pacaran Negara Asia dan Negara Barat - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan