10 Teknik Sablon Kaos Manual

10 Teknik Sablon Kaos Manual – Sablon Kaos Manual ternyata memiliki banyak sekali teknik yang bisa digunakan. Masing-masing teknik memiliki keunikan tersendiri, inilah yang menjadi alasan kenapa sampai saat ini masih banyak yang suka pada hasil sablon kaos manual.

Advertisements

Meskipun begitu, hanya beberapa saja yang diketahui masyarakat umum. Sablon manual adalah teknik sablon yang tidak menggunakan mesin, tetapi menggunakan alat sablon seperti tinta, screen, dll.

Berdasarkan jenis tinta yang digunakan, sablon kaos manual dibagi menjadi 2, yaitu water based dan oil based. Secara umum teknik sablon kaos manual dibagi menjadi beberapa teknik, berikut ini 10 teknik sablon kaos manual dan karakteristik.

10 Teknik Sablon Kaos Manual dan Karakteristiknya

Untuk kamu yang belum mengetahui teknik-teknik sablon kaos manual, berikut ini beberapa teknik sablon kaos manual dan karakteristiknya yang unik.

Sablon Discharge

Jenis sablon ini menggunakan tinta water based yang sangat pas digunakan untuk kaos dengan bahan cotton combed 30s. Keunikannya warna sablon bisa menggantikan warna dasar kaos tanpa mempengaruhi hasil sablon. Hasil sablon pun tidak mengeluarkan bau karena adanya campuran odorless dalam proses sablonnya.

Sablon Flocking

Sablon flock memiliki keunikan hasil sablon yang timbul. Sablonn ini menggunakan kertas flock yang didesain sesuai dengan keperluan kemudian di tempel pada kaos menggunakan mesin press.

Sablon Foam

Sablon kaos foam memiliki keunikan hasil sablon tiga dimensi, itulah kenapa sablon foam lebih dikenal dengan nama sablon 3D.

Baca Juga

Sablon Foil

Sablon foil adalah jenis sablon yang menempel bahan hasil desain ke kaos kemudian di lakukan press untuk merekatkan desain ke kaos. Sama seperti Flocking, hanya saja bahan yang digunakan berbeda.

Sablon Glow In The Dark

Salah satu yang sedang hangat saat ini adalah sablon glow in the dark. Alasannya karena sablon glow in the dark memiliki keunikan dan nilai estetika yang tinggi saat dipakai, kaos akan menyala terang di tempat yang gelap. Sablon ini menggunakan bahan phospor yang menyerap energi dan memancarkan cahaya.

Sablon High Destiny

Satu lagi sablon kaos dengan keunikan hasil sablon efek 3D. Sablon ini menggunakan bahan karet, sehingga hasilnya terasa timbul saat disentuh. Tinta sablon yang digunakan adalah tinta gel sehingga sangat cocok untuk typography.

Sablon Pigment

Jenis sablon ini lebih kaku namun tidak mudah lepas dari kain kaos. Sablon ini juga sedang diminati banyak kalangan.

Sablon Plastisol

Sablon ini yang paling banyak dikenal di masyarakat, sablon ini termasuk jenis tinta oil based. Sablon ini memiliki karakteristik hasil sablon yang tebal dan tahan lama.

Sablon Rubber

Sablon ini juga populer di masyarakat. Sablon Rubber menggunakan bahan dasar kare (rubber) untuk membuat desain pada permukaan kais. Hasil sablon rubber memiliki sifat elastiss dan lembut saat dipegang.

Sablon Superwhite

Ini merupakan teknik yang lebih baik dari sablon Pigment. Jenis sablon ini memiliki hasil sablon yang lebih halus dan menyerap ke permukaan kaos dengan baik. Namun hasil sablonnya tidak terlalu terang.

Itulah 10 teknik sablon kaos manual yang banyak digunakan di Indoneisia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan