11 Tips Agar Anak Mudah Belajar Matematika

Mypoly Indonesia – Matematika masih menjadi momok dan pelajaran yang dibenci anak-anak. Bahkan bukan hanya anak-anak, banyak remaja juga membenci Matematika, kita sebagai orang tua bisa membantu anak belajar menyukai Matematika sejak dini lho bun. Nah, Berikut ini 11 Tips Agar Anak Mudah Belajar Matematika.

Gunakan Snack Kesukaan Anak

Cara ini akan membuat anak kita senang, caranya gambar beberapa buah lingkaran, ajak si kecil untuk memasukan snack favoritnya kedalam lingkaran tersebut sambil berhitung.

Mau Bikin Kaos Couple Keluarga Dengan Desain Sesukamu? Klik Disini

Menggunakan Stik Es Krim dan Jemuran

Gambarlah beberapa buah apel dengan jumlah yang berbeda di setiap stik es krim, lalu tulis angka yang berbeda di setiap jepitan jemuran, mintalah si kecil untuk menghitung dan mencocokan berapa jumlah apel yang ada di stik es krim.

Menghitung Marshmallow

Cara ini pasti disukai si kecil yang suka makanan manis. Potong kertas membentuk cangkir besar, kemudian lempar dadu dan letakkan sejumlah marshmallow di atas cangkir kertas seusai angka yang keluar.

Belajar Menghitung Sambil Menggambar

Punya sisa pom-pom warna-warni? Bisa gunakan untuk membuat kebun kecil lho bun.

Mana Yang Lebih Besar Nilainya?

Yuk ajak si kecil belajar pelajaran matematika ‘lebih dari’ atau ‘kurang dari’ dengan buaya yang imut ini.

Berhitung Dengan Manusia Salju

Ganti topi manusia salaju kemudian minta anak untuk menghias tubuh si boneka salju dengan pom-pom sesuai jumlah yang tertera di topi.

Mau Bikin Kaos Anak Dengan Desain Sesukamu? Klik Disini

Berhitung Sambil Makan Buah Apel

Apel muda dibagi menjadi setengah atau seperempat sehingga anak bisa memakan potongannya sebagai hadiah ketika berhasil jawab pertanyaan.

Belajar Pecahan Matematika

Yang satu ini khusus untuk si kecil yang mulai belajar pecahan matematika dan masih bingung. Si kecil akan lebih mudah mempelajari pecahan-pecahan dalam bentuk jam.

Bermain Engklek

Ini  salah satu cara terbaik mengenalkan angka pada anak yaitu dengan meminta mereka melompat ke angka-angka yang sudah dibuat di lantai. Untuk anak yang lebih besar, bisa dimodifikasi dengan membuat soal matematika dan mereka harus melompat ke jawabannya.

Makin Kompak Bersama Keluarga Dengan kaos Couple Family Ini. Yuk Bikin Disini

Belajar Mengenal Jam

Jam yang interaktif buatan sendiri ini akan membantu anak lebih memahami jam, menit, dan detik. Mereka selalu bisa mengecek sendiri apakah sudah benar pemahaman mereka dengan cara membuka lipatan kertas.

Saat membuat jam, pastikan warna jarum dan angka jamnya sama, sedangkan warna jarum menit disamakan dengan warna angka menit.

Gelas Kertas

Siapkan lima buah gelas kertas. Ambil tiga gelas dan tuliskan angka 0 sampai 9 di sisi dekat mulut gelas. Pada dua gelas lainnya, tulis tanda tambah, kurang, kali, bagi, dan sama dengan. Kemudian, mulailah ajak anak bermain.

Baca Juga

Gimana Bun? Seru bukan. Dengan cara-cara diatas si kecil akan lebih menyukai matematika dan lebih mudah belajar berhitung.

 

Source – theasiaparent.com, 11 Langkah mudah bantu anak belajar matematika

Tinggalkan Balasan