3 Jenis Obat Yang Harus Di Hindari Anak

Mypoly Indonesia – Kekebalan tubuh anak kecil dan orang dewasa sangat berbeda, termasuk dalam hal respon tubuh anak terhadap obat-obatan. Itu sebabnya, kita sebagai orang tua harus teliti dalam memilih obat mana yang boleh diberikan untuk anak. Lalu apa saja obat yang harus di hindari anak? Berikut ini akan kita bahas bunda.

Baca Juga – 9 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Aspirin

Aspirin atau yang kadang ditulis sebagai Salisilat atau Asam Asetilsalisilat termasuk dalam salah satu obat yang tidak dianjurkan untuk anak.

Dalam banyak kasus pemberian Aspirin pada anak sering dikaitkan dengan penyakit Sindrom Reye. Sindrom Reye adalah adanya kerusakan pada fungsi otak dan hati sehingga berpotensi membuat anak mengalami kejang-kejang, koma, bahkan kematian.

Dibandingkan mengkonsumsi Aspirin, anak dianjurkan mengkonsumsi Tylenol (Acetaminophen) atau Advil (Ibuprofen).

Obat flu dan batuk yang dijual bebas

Menurut penelitian American Academy of Pediatrics (AAP), obat batuk dan flu yang dijual bebas atau over the counter (OTC) tidak boleh diminum oleh anak-anak di bawah usia 3 tahun. Ini dikarenakan obat flu dan batuk yang dijual bebas bisa menimbulkan efek samping yang mungkin belum mampu diterima oleh tubuh anak di usia yang masih terlalu dini.

Beberapa efek samping yang mungkin menyerang si kecil diantaranya sulit tidur, sakit perut, ruam merah, gatal-gatal, bahkan beberapa anak bisa mengalami efek yang lebih serius seperti jantung berdebar, kejang, hingga kematian.

Obat Antimual

Jika anak mengalami mual dan muntah sebaiknya jangan langsung memberi obat anti mual. Kebanyakan mual dan muntah tidak berlangsung lama, bahkan bisa dengan cepat sembuh hanya dengan beristirahat yang cukup.

Baca Juga

Memberikan obat antimual pada anak kecil hanya akan menimbulkan komplikasi berkelanjutan. Lazimnya, anak baru diperbolehkan minum obat anti mual hanya jika disarankan oleh dokter dan pastikan sesuai dengan aturan konsumsinya.

Itulah 3 obat-obatan yang harus di hindari anak dan sebaiknya jangan diberikan kepada si kecil.