3 Obat Sakit Gigi Yang Aman Untuk Anak

Mypoly Indonesia – Sakit gigi tak hanya menyerang orang dewasa, si kecil pun bisa terkena sakit gigi lho bun. Terlebih lagi jika tidak melakukan perawatan mulut dengan baik, si kecil akan mudah terkena gigi berlubang, gusi bengkak atau gusi yang luka.

Anak yang terkena sakit gigi akan menjadi mudah marah dan rewel, atau bahkan tidak mau makan. Nah, agar sakit yang di alami anak cepat reda, sebaiknya segera berikan obat sakit gigi. Namun apakah obat sakit gigi seperti apa yang aman dikonsumsi untuk anak?

Baca Juga – Manfaat Tidur Siang Untuk Kecerdasan Anak

Obat Sakit Gigi Yang Aman Untuk Anak

Tidak semua obat aman dan cocok untuk anak lho bun. Bunda harus memperhatikan obat yang sesuai untuk anak. Obat pereda nyeri untuk sakit gigi biasanya aman untuk anak asalkan disesuaikan dengan dosisnya dan tidak digunakan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa obat aman dikonsumsi anak.

Acetaminophen (paracetamol)

Obat ini digunakan untuk meringankan rasa nyeri ringan hingga sedang saat sakit gigi, sakit kepalla, sakit punggung atau meriang. Namun Bunda perlu perharikan jika anak mengalami ruam atau gatal pada kulit, pembengkakan wajah, lidah, atau tenggorokan, itu merupakan reaksi yang ditunjukkan jika anak memiliki alergi pada obat tersebut.

Ibuprofen

Sama seperti Acetaminophen, Ibuprofen juga digunakan sebagai pereda nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, dajn radang sendi. Obat ini akan mencegah produksi zat tubuh penyebab peradangan. Selain meredakan nyeri, obat ini juga mengurangi pembengkakan saat sakit gigi.

Obat ini memiliki efek samping seperti sakit perut, mual dan muntah, diare, konstipasi, pusing, dan mengantuk.

Naproxen

Jika bbunda tidak memiliki Acetaminophen atau Ibuprofen, bunda bisa meberikan Naproxen kepada anak. Obat ini juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sakit gigi.

Baca Juga

Sama dengan Ibuprofen, obat ini juga mencegah produksi zat peradangan. Efek samping obat ini diantaranya kram perut, mual, mengantuk, pusing, dan nyeri pada ulu hati.

Itulah 3 obat yang aman di konsumsi untuk meredakan sakit gigi anak.

Tinggalkan Balasan