4 Manfaat Memeluk Anak Untuk Perkembangan Psikologi Anak

Mypoly Indonesia – Dikutip dari bidanku.com, sebuah riset di University of Itali mengindikasikan bahwa anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya bakal lebih efektif sembuh dari depresi, dan bakal timbul rasa percaya dirinya dalam menyelesaikan sekian banyak permasalahan. Bahkan pelukan sejak dini, sesaat bayi baru lahir, bakal mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi menjadi semakin kuat. Ketika pelukan dengan rasa sayang ini di teruskan sampai masa kanak-kanak bisa menjadikan anak menjadi individu yang tidak mudah stres (Penelitian Journal of Epidemiology and Community Health).

Jangan gampang percaya pada mitos yang menuliskan bahwa anak yang sering mendapat pelukan bakal menjadi anak cengeng, bahkan sebaliknya, secara psikologi, anak yang sering mendapat belaian, sentuhan dan pelukan kasih sayang dari orang tuanya bakal tumbuh menjadi anak yang penyayang, pertumbuhannya sehat, bakal merasa nyaman dan mempunyai tingkat keyakinan yang tinggi. Berikut beberapa manfaat pelukan untuk anak

Memberikan anak rasa percaya diri dan nyaman

Pelukan dari orangtua pada anak bisa memberikan keyakinan diri dan rasa nyaman. Nah perasaan itu akan menjadi pondasi untuk anak untuk menyusun rasa percaya dirinya.

Mengurangi rasa khawatir pada anak

Anak bakal merasa khawatir saat sedang sedang di lingkungan baru, dengan memberikan pelukan pada anak sebelum berangkat sekolah atau sebelum melepas mereka pada lingkungan bermain maka berikanlah pelukan untuk meminimalisir rasa khawatir anak.

Anak merasa berharga

Pelukan yang diperoleh anak dari orangtua akan membuat anak merasa selalu diberi dukungan. Mungkin ketika masih kecil anak belum merasakan manfaat dari pelukan yang sesungguhnya, tetapi saat mereka beranjak besar anak mulai merasakan manfaat dari pelukan yang diserahkan* orangtua. Anak bakal merasa berharga dan percaya diri sebab mendapatkan dukungan dari orangtua.

Menenangkan emosi anak

Saat ada masalah yang tidak dapat disampaikan oleh anak kepada orangtua, maka berikanlah mereka pelukan sebagai tanda kamu peduli terhadap mereka. Melalui pelukan, anak sudah mengucapkan rasa dan ketenangan emosinya.

Baca Juga

Nah itulah manfaat pelukan untuk anak. Bukan hanya bermanfaat saat mereka kecil saja namun dominan hingga mereka dewasa. Maka berikanlah pelukan pada anak untuk menciptakan mereka merasa nyaman dan menguatkan perasaan anak pada kita.

2 thoughts on “4 Manfaat Memeluk Anak Untuk Perkembangan Psikologi Anak

  1. Pingback: 4 Faktor Paling Berpengaruh Pada Perkembangan Anak – Mypoly Indonesia – Bikin Kaos Custom Desain Sesukamu

  2. Pingback: 8 Trik Menghadapi Anak Yang Susah Makan, Wajib Coba Bun - Mypoly Indonesia - Bikin Kaos Custom Desain Sesukamu

Tinggalkan Balasan