4 Permainan Edukatif Yang Bisa Membangun Kemampuan Motorik Halus Anak

Mypoly Indonesia – Kemampuan motorik anak harus dibangun dengan benar sejak dini. Meski kemampuan ini dianggap sepele, tetapi ini salah satu kebutuhan yang signifikan bagi mereka lho bu. Beberapa contoh kemampuan motorik halus yang sangat berperan untuk kemandirian anak antara lain membuka pintu, menyikat gigi, emncuci tangan, membuka dan menutup kancing pakaian, dll.

Saat kemampuan motorik ini dikombinasikan dnegan kemampuan koordinasi tangan dan mata yang benar maka akan memberikan efek yang bagus untuk anak dalam meluaskan jangkauan pembelajaran dan sebagai ekspresi kreativitasnya.

Baca Juga – Ini Lho Cara Menghadapi Anak Keras Kepala Dengan Bijak

Untuk mendapatkan kemampuan motorik yang bagus, anak harus memiliki kekuatan otot tangan yang ideal. Selain itu, anak juga harus memiliki kemampuan dalam menggunakan otot-otot kecil di tangan dengan baik. Berikut ini beberapa permainan edukasi anak yang bisa membantu si kecil membangun dan mengembangkan kemampuan motorik halus anak.

Mereggangkan gelang karet

Cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot-otot kecil anak salah satunya adalah dengan mereggangkan gelang karet. Biarkan anak merenggangkan gelang karet hingga maksimal menggunakan ibu jari dan jari telunjuknya, lalu secara bergantian menggunakan ibu jari dengan jari-jari lainnya.

Membuat bola kertas

Mintalah si kecil untuk meremas kertas tanpa mengangkat tangan dan hanya menggunakan satu tangan, sangat sepele ya bun. Setelah lembaran kertas tersebut menjadi bola-bola kertas, mintalah dia untuk menyentil bola kertas tersebut menggunakan ibu jarinya.

Bermain dengan lilin

Mainan berbentuk adonan seperti lilin selain melatih kemampuan motorik halus anak juga bisa melatih kemampuan imajinasi dan kretivitas anak lho bun. Biarkan si kecil mencubit-cubit lilin dengan jari-jarinya, biarkan dia meluapkan kreativitasnya dengan membentuk lilin tersebut menjadi objek sesuai imajinasinya.

Meremas mainan lunak

Mainan yang lunak bisa melatih kemampuan motorik halus anak. Misalnya dengan memberikan mainan yang bisa di remas seperti bola berbahan busa, bola karet, atau mainan lain.

Baca Juga

Selain 4 permainan diatas, masih banyak lagi permainan sederhana yang bisa mealtih kemampuan motorik anak. Yang terpenting, permainan tersebut bisa memperkuat kontrol penuh anak pada otot-otot lengan mereka, dan mereka mampu menggunakan kedua tangan secara bersama-sama, serta membuat mereka lebih cepat dan tangkas.

One thought on “4 Permainan Edukatif Yang Bisa Membangun Kemampuan Motorik Halus Anak

  1. Pingback: Penyebab Anak Sering Mengigau Saat Tidur - Mypoly Indonesia - Bikin Kaos Custom Desain Sesukamu

Tinggalkan Balasan