Mypoly Indonesia – Pilek termasuk salah satu penyakit yang sering menyerang bayi. Cuaca yang dingin dan virus menjadi salah satu penyebab pilek pada si kecil. Pilek saat liburan pun sangat mengganggu aktifitas buah hati.

Jika si kecil pilek, jangan khawatir bun, berikut ini beberapa cara mengatasi pilek pada bayi agar tidak mengganggu aktifitas si kecil saat liburan.

5 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi Saat Liburan

Liburan menjadi saat-saat yang menyenangkan, tetapi saat si kecil pilek tentu cukup mengkhawatirkan, berikut ini beberapa cara yang bisa bunda lakukan

Pakai obat gosok

Saat pilek, saluran hidung si kecil akan tersumbat, ini bisa membuatnya sulit bernapas dan rewel. Jangan langsung memberi obat minum bun, coba menggunakan obat gosok (oles). Bayi masih kesulitan meminum obat melalui mulutnya secara langsung.

Baca Juga – Faktor Penyebab Karies Gigi Pada Anak, Bunda Wajib Tahu

Obat gosok menjadi solusi alternatif untuk membantu mengatasi pilek dan bisa menghangatkan badan buah hati saat liburan.

Namun perlu diperhatikan, jangan asal menggunakan obat gosok ya bun, pilihlah krim agar tidak lengket,tidak berminya dan cepat meresap. Carilah obat gosok yang menggunakan minyak atsiri, karena bisa meringankan berbagai masalah kesehatan.

Menggunakan bantal tinggi saat tidur

Letakkan bantal tambahan saat tidur, ini bisa membuat si kecil bisa bernapas dengan lega. Dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari badan bisa melancarkan pernapasan si kecil saat tidur.

Mencukupi asupan nutrisi

Saat buah hati pilek, bunda perlu meningkatkan asupan gizinya, terutama asupan cairnya. Jika si kecil sudah berusia enam bulan, bunda bisa memberi minuman hangat seperti sup atau susu. Namun jika masih berusia dibawah enam bulan bisa memberinya ASI. ASI menjadi asupan nutrisi terbaik untuk si kecil.

Menyedot ingus

Ingus yang terlalu banyak membuat si kecil kesulitan bernapas. Untuk ibu, sebaiknya bunda memantaunya secara berkala, jika sudah mulai penuh, bunda bisa menyedot menggunakan alat penyedot khusus.

Menepuk punggung dengan lembut

Tepukan lembut pada punggung bayi bisa membantu lendir yang menyumbat keluar dari dalam hidung. Pertama baringkan si kecil diatas paha dengan posisi tengkurap dan tepuk punggungnya secara perlahan.

Baca Juga

Nah itu bun cara mengatasi pilek pada bayi, jangan sampai pilek mengganggu aktifitas liburan buah hati bersama keluarga ya bun.