5 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Anak, Wajib Baca Bunda

Mypoly Indonesia – Setiap orang tua pasti ingin anaknya selalu sehat. Kondisi ini harus di dukung dengan pemenuhan nutrisi yang baik sehingga bisa memaksimalkan fungsi tubuh. Sebaliknya, gizi yang tak seimbang bisa memicu kekurangan gizi ataupun sebaliknya, kelebihan gizi.

Sebagai orang tua kita harus mencegah kekurangan maupun kelebihan gizi pada anak. Riskesdas 2018 menunjukkan terdapat perbaikan status gizi balita di Indonesia. Proporsi status gizi sangat kurus turun dari 5,3% (Riskesdas 2013) menjadi 3,5%. Demikian juga proporsi status gizi gemuk turun dari 11,9% (Riskesdas 2013) menjadi 8,0%.

Dari data tersebut menunjukkan masih ada anak yang mengalami kekurangan maupun kelebihan gizi. Untuk menyeimbangkan gizi dalam tubuh, peran nutrisi sangat penting.

Nutrisi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Mikronutrisi dan Makronutrisi. Mikronutrisi adalah komponen yang hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang kecil, misalnya vitamin dan mineral, sedangkan Makronutrisi adalah komponen nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar seperti protein dan karbohidrat, keduanya sama-sama penting dan dibutuhkan untuk kesehatan anak.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kita jelaskan 5 Nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan anak.

Karbohidrat

Karbohidrat sangat berguna sebagai sumber energi tubuh. Dalam menu seimbang, karbohidrat mengisi hingga 55–60 persen dari kebutuhan energi total.

Baca Juga – 5 Gejala ASI Tersumbat dan Cara Mengatasinya

Karbohidrat dibagi menjadi dua, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi, roti, mie, dan kentang. Sedangkan karbohidrat sederhana adalah buah-buahan, madu, dan susu.

Protein

Protein berfungsi untuk membentuk sebagian besar berat tubuh dan berbagai sel dalam tubuh.Selain dari karbohidrat, protein juga dapat menghasilkan energi di mana setiap 1 gram protein dapat menghasilkan 4 kalori.

Protein terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan nabati. Jenis protein hewani adalah yang berasal dari ayam, daging, ikan, telur, dan susu. Sedangkan protein nabati dapat diperoleh dari tahu, tempe, dan berbagai biji-bijian serta kacang-kacangan lainnya.

Lemak

Lemak sering di kaitkan dengan sesuatu yang buruk bagi kesehatan, namun faktanya, tubuh tetap membutuhkan lemak, terutama pada masa pertumbuhan, namun harus dalam takaran yang sesuai.

Dalam menu makan seimbang, komposisi lemak sebaiknya tidak lebih dari 30%. Komposisi lemak yang kurang dari 15–20% justru bisa menyebabkan anak gagal tumbuh.

Lemak serupa dengan protein, juga bisa diperoleh dari sumber hewani ataupun nabati. Lemak hewani terdapat pada minyak ikan, kuning telur, dan produk susu seperti mentega. Sedangkan lemak nabati dapat diperoleh dari santan, kelapa, dan kacang-kacangan seperti kacang tanah.

Vitamin

Vitamin terdiri dari empat vitamin larut lemak dan dua vitamin larut air. Vitamin yang termasuk dalam kategori larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K, sedangkan yang larut air adalah vitamin B kompleks dan vitamin C.

Masing-masing vitamin ini memiliki fungsi dan sumber yang berbeda-beda (meski ada beberapa jenis makanan yang mengandung beberapa jenis vitamin sekaligus), sehingga penting untuk memastikan anak mendapatkannya secara seimbang.

Baca Juga

Mineral

Mineral adalah komponen mikronutrisi yang juga penting untuk tubuh. Beberapa mineral yang esensial untuk kesehatan, antara lain zat besi, kalsium, kalium, dan zink.

Mineral dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh. Misal, zat besi bermanfaat bagi kesehatan darah dan sirkulasi oksigen, kalsium vital untuk kesehatan tulang dan gigi, serta kalium turut mendukung kerja otot dan menjaga tekanan darah.

Nah, itu dia 5 nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan anak. Kita harus selalu berkreasi dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas asupan nutrisi anak demi kesehatannya, serta mencegah kekurangan gizi maupun kelebihan gizi. Penting juga untuk mengidentifikasi alergi pada anak dan mempelajari apa yang disukainya dan tidak, sehingga anak tidak kesulitan makan.

 

Sumber – klikdokter.com

2 thoughts on “5 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Anak, Wajib Baca Bunda

  1. Pingback: Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Musim Hujan - Kesehatan Anak

  2. Pingback: 5 Penyebab Mimisan Yang Sering Terjadi Pada Anak - Kesehatan Anak

Tinggalkan Balasan