Mypoly Indonesia – Usia balita menjadi momen dimana si kecil bersemangat dan senang diajak aktivitas. Pasti sangat senang ya bun melihat si kecil bermain dengan riangnya.

Namun perlu bunda perhatikan, di usia ini pula si kecil rentan terkena penyakit. Apa saja penyakit yang sering menyerang balita? Berikut ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita dan cara mengatasinya.

Influenza

Penyakit yang juga disebut flu atau pilek ini bisa terjadi karena infeksi virus. Gejalanya ditandai dengan sering bersin, hidung berair, sakit tenggorokan, hingga rasa nyeri di sekujur tubuh.

Baca Juga – Tanda dan Gejala Asma Pada Anak Yang Wajib di Ketahui

Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberinya air putih lebih banyak dari biasanya. Jangan lupa memberikan susu secukupnya. Kemudian ajak beristirahat secara cukup.

penyakit ini mudah ditularkan melalui sentuhan dan udara, pastikan si kecil rajin mencuci tangan dan tidak berada di dekat penderita flu ya bun.

Diare

Diare disebabkan oleh beberapa hal seperti virus, alergi, maupun keracunan makanan. Gejalanya buang air besar dengan frekuensi yang lebih sering dari biasanya, disertai ondisi kotoran yang berbentuk cair.

Untuk mengatasinya, berikan si kecil banyak air putih, larutan oralit, atau susu balita untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Pastikan si kecil mengkonsumsi makanan dalam kondisi bersih dan dimasak dengan baik.

Demam

Demam sebenarnya bukan penyakit lho bun, melainkan bentuk perlawanan tubuh terhadap infeksi atau virus. Dikatakan demam jika suhu tubuh si kecil melebihi 37.5 derajat celcius.

Cacar Air

Penyakit ini disebabkan oleh virus, akibatnya timbul bintik merah yang lepuh dan gatal di seluruh tubuh. Jika si kecil terkena penyakit ini, langkah awal yang bisa bunda lakukan dengan mengoleskan salep khusus sesuai petunjuk dokter, untuk mengurangi rasa gatal yang bisa mengganggu aktifitas si kecil.

Untuk pencegahannya jaga asupan gizi si kecil dengan memberikan makanan yang bergizi serta susu secara teratur, jangan lupa melakukan immunisasi ya Bun.

Pink Eye

Pink Eye juga disebut dengan konjungtivis, penyakit ini terjadi karena adanya peradangan pada selaput transparan yang melapisi bagian dalam kelopak mata.

Gejalanya bagian mata yang berwarna putih berubah menjadi kemerahan, serta terasa berpasir ketika dikedipkan.

Baca Juga

Untuk mengobatinya bunda bisa memberikan obat tetes mata atau salep mata sesuai resep dokter. Untuk mencegah si kecil menyerang si kecil pastikan selalu menjaga kebersihan tangan si kecil ya bun.

Itulah 5 penyakit yang sering menyerang balita dan cara mengatasinya. Agar anak terhindar dari berbagai penyakit, pastikan selalu memberikan nutrisi yang cukup dan jaga kebersihan si kecil dan lingkungan ya bun.