5 Penyebab Bayi Sering Muntah dan Cara Mengatasinya

Mypoly Indonesia – Bagi orang tua yang memili bayi, tentu kesehatan si kecil menjadi prioritas ya bun. Semua haruss selalu diperhatikan, mulai dari makanan yang di konsumsi, popok yang di pakai, hingga keadaan kebersihan lingkungan sekitar. Tak heran orang tua merasa panik jika bayi mengalami gejala yang mengkahwatirkan.

Misalnya bayi tiba-tiba sering muntah. Kelihatannya memang sepele, namun tidah boleh dibiarkan begitu saja. Bayi yang sering muntah bisa saja sebagai gejala awal sebuah penyakit. Bunda wajib mengenalinya sejak dini apa saja yang menjadi penyebab bayi sering muntah.

Baca Juga – 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita

Berikut ini 5 penyebab bayi sering muntah.

5 penyebab bayi sering muntah

Gastroentritis akut

Gastroentritis adalah infeksi organ dalam yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Gejala penyakit biasanya diawali dengan demam ringan, sering muntah, diare, hingga nyeri pada perut.

Gejala ini bisa berlangsung selama 3-7 hari. Perlu diwaspadai ya bun, gejala inilah yang membuat bayi kekurangan cairan.Hal yang harus pertama bunda lakukan adalah melakukan pemulihan kondisinya, setelah si kecil muntah jangan langsung memasukan apapun ke perutnya, tunggulah 30-60 menit. Beri cairan berupa air putih atau ASI sesendok demi sendok.

Jika masih muuntah, biarkan beberapa saat. Yang terpenting pulihkan kondisi si kecil dahulu karena telah kehilangan banyak cairan.

Sering muntah setiap minum ASI

Biasanya terjadi pada bayi usia 2 minggu hingga 4 bulan. Hal ini disebabkan adanya penebalan otot pada jalan keluar perut atau yang lebih dikenal dengan istilah Hypertrophic pyloric stenosis. Penebalan inilah yang menyebabkan makanan atau ASI sulit masuk kedalam usus halus.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan operasi melebarkan jalan keluar pada perut bayi. Jangan panik dulu bun, tidak semua muntah setelah minum ASI merupakan gejala kelainan ini. Bisa jadi karena bayi mengalami kekenyangan atau alergi MPASI.

GERD (Gastroesophageal Reflux)

GERD adalah salah satu kelainan yang menyebabkan bayi sering muntah. GERD terjadi saat otot esofagus bayi dan lanbung tidak bekerja dengan semestinya sehingga makanan dan asam lambung naik ke tenggorokan. Akibatnya bayi akan merasa tidak nyaman pada bagian dada, perut, dan tenggorokan.

Jika bayi terlihat sehat namun setiap makanan yang dimakan selalu dikeluarkan lagi, bunda harus waspada ya. Segera baya si kecil ke dokter anak terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan.

Alergi makanan

Dikutip dari situs nhs.uk, alergi makanan juga merupakan salah satu penyebab bayi sering muntah. Ada beberapa gejala lain selain muntah, yaitu disertai dengan kulit memerah, gatal atau bengkak pada area mata, mulut, dan lidah.

Perlu diperhatikan lagi makanan yang akan dikonsumsi si kecil untuk mengurangi resiko alergi pada bayi. Bunda wajib berkonsultasi dengan dokter tentang makanan dan minuman apa saja yang tidak cocok untuk si kecil.

Baca Juga

Keracunan

Bayi dan balita sering memasukkan benda asing kedalam mulut. Jika benda yang dimasukkan berbahaya bagi kesehatan seperti lilin, sabun, atau obat nyamuk, otomatis tubuh bayi akan mengalami keracunan dan memuntahkan kembali isi perutnya.

Segera bawa si kecil ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Awasi terus apa yang jadi mainan si kecil ya bun, jauhkan benda-berbahaya dari jangkauan anak.

Itulah beberapa penyebab bayi sering muntah. Bunda wajib mengetahuinya, karena selain merawatnya, tugas utama sebagai orang tua adalah menjaga kesehatan dan menjamin keselamatannya.

One thought on “5 Penyebab Bayi Sering Muntah dan Cara Mengatasinya

  1. Pingback: Gejala Bayi Alergi Susu Formula dan Cara Mengatasinya - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan