5 Penyebab Mimisan Yang Sering Terjadi Pada Anak

Mypoly Indonesia – Kekebalan tubuh anak kecil memang belum stabil, inilah yang menjadikan si kecil rentan terkena berbagai masalah, salah satunya mimisan. Mimisan dalam istilah kedokteran disebut dengan Epistaksis (Epiktaxis).

Mimisan dibagi menjadi dua, yaitu mimisan yang terjadi di bagian depan (anterior) dan mimisan yang terjadi di bagian dalam (posterior). Setidaknya ada 5 penyebab mimisan yang wajib bunda ketahui lho, inilah 5 Penyebab mimisan yang sering terjadi pada anak.

Suhu ekstrim

Pada saat si kecil berada pada suhu yang ekstrem, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan darah dari hidung. Penyebabnya dikarenakan keadaan daya tahan tubuh anak yang rendah.

Baca Juga – Cara Mengatasi Perut Kembung Anak dengan Memilih Susu yang Tepat

Sering mengorek hidung

Mimisan juga bisa terjadi karena anak sering mengorek hidungnya. Perilaku tersebut bisa menyebabkan terjadinya luka di bagian dalam hidung dan menyebabkan mimisan.

Terlalu lelah

Aktivitas yang terlalu berlebihan berpengaruh pada kondisi pembuluh darah anak. Pembuluh darah melemah sehingga gampang pecah.

Stress

Stress terjadi karena kondisi yang psikologi yang dialami anak terlalu berat. Akibatnya terjadi pelemahan pembulih darah, pembuluh darah yang lemah cenderung mengakibatkan mimisan pada si kecil.

Terbentur

Mimisan juga bisa terjadi karena si kecil mengalami benturan di bagian hidung. Pembuluh darah yang terdapat pada hidung sangat halus sehingga rentan mengalami luka.

Baca Juga

Itulah 5 penyebab mimisan pada anak. Tidak perlu khawatir bun, mimisan tidak terlalu berbahaya, namun jika terjadi lebih dari 30 menit sebaiknya bunda membawa si kecil ke dokter terdekat.