6 Bahaya Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mypoly Indonesia – Bunda pasti gemas kalau melihat bayi yang gemuk bukan? Sebagian orang memang menganggap bayi yang gemuk menggemaskan dan lucu. Namun tubuh anak yang gemuk bisa mengarah pada obesitas dan berakibat pada berbagai gangguan kesehatan si kecil hingga dewasa lho bun.

Lalu apa saja bahaya obesitas pada anak? Dan bagaimana cara mencegahnya?

Bahaya Obesitas Pada Anak

Penyakit Jantung

Obesitas pada anak ditandai dengan menumpuknya jaringan lemak di beberapa bagian tubuh, atau bahkan seluruh tubuh. Inilah salah satu faktor yang meningkatkan resiko anak terkena penyakit jantung.

Anak yang mengalami obesitas memerlukan darah dalam jumlah banyak, secara otomatis beban kerja jantung pun semakin keras untuk mempompa darah. Kondisi ini akan membuat jantung semakin membesar agar bisa mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Peningkatan aliran darah ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab awal penyakit jantung.

Baca Juga РTips Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Diabetes tipe 2

Anak yang mengalami obesitas beresiko mengalami peningkatan kadar gula darah. Tubuh anak akan kesulitan utnuk mencerna asupan glukosa secara optimal. Akibatnya kadar glukosa dalam darah akan meningkat dan berkembang menjadi diabetes tipe 2 saat dewasa.

Sleep Apnea

Sleep Apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi ketika pernapasan mendadak berhenti saat tidur. Penderita obesitas rentan mengalami sleep apnea karena adanya penimbunan lemak tubuh yang menghalangi saluran pernapasan. Akibatnya kualitas tidur anak memburuk dan mudah merasa kelelahan.

Asma

Berdasarkan penelitian Asthma Research and Practice Journal, sekitar 38 persen penderita obesitas juga memiliki penyakit asma.

Salah satu penyebabnya dikarenakan paru-paru dikelilingi oleh jaringan lemak berlebih yang bisa membuatnya lebih sensitif terhadap udara dari luar.

Lama kelamaan bisa berakibat pada peradangan pada sistem pernapasan yang kemudian menyebabkan asma.

Masalah Hormonal

Semakin bertambah berat badan anak, semakin sulit pula untuk mengatur produksi hormon yang ada didalam tubuh. Produksi hormon pun tidak normal, ini bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan hormon.

Masalah Otot dan Tulang

Berat badan yang berlebihan akan memberikan beban yang besar pada otot dan tulang, sehingga otot dan tulang bekerja ekstra menopang tubuh. Itulah sebabnya banyak anak yang mengalami obesitas mengeluhkan nyeri di bagian tulang dan ototnya.

Baca Juga

Mencegah Obesitas Dengan Susu Rendah Gula

Bunda bisa menggunakan susu rendah gula untuk mencegah obesitas pada anak. Namun bukan berarti bunda mengorbankan nutrisi lainnya dari susu, pilihlah susu rendah gula yang masih memiliki kandungan gizi, terutama yang kaya akan omega 3 dan 6 yang bisa mendukung perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Nah itulah 6 bahaya obesitas pada anak dan cara mengatasinya. Pastikan selalu menjaga kesehatan si kecil ya bun.

One thought on “6 Bahaya Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya

  1. Pingback: Cara Alami Menaikkan Berat Badan Anak - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan