Mypoly Indonesia – Diabetes ini merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami masyarakat Indonesia, tak hanya orang dewasa, sebenarnya anak juga bisa menderita diabetes. Biasanya yang diderita anak adalah Diabetes Tipe 1. Lalu apa itu diabetes tipe 1? Dan apa saja gejala-gejalanya? Berikut kita bahas secara lengkap ya Bun.

Apa itu diabetes tipe 1?

Diabetes pada anak bisa terjadi karena adanya gangguan fungsi pankreas, sehingga pankreas tidak mampu menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. Insulin merupakan hormon yang dilepaskan pankreas untuk membantu tubuh menyerap gula atau glukosa, sehingga kadar gula darah terkontrol.

Baca Juga – 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita

Diabetes tipe 1 pada anak dikenal dengan diabetes juvenil atau Insulin Dependent Diabetes Melitus (IDDM). Penderita diabetes tipe 1 diduga disebabkan karena adanya kesalahan pada sistem kekebalan tubuh dalam melawan ancaman yang membahayakan tubuh. Pada hal ini, sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel penghasil insulin. Ini akan mengakibatkan gula darah menumpuk dalam aliran darah.

Selain itu faktor genetika atau keturunan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab diabetes tipe 1.

Apa gejala diabetes tipe 1 pada anak?

Rasa haus meningkat atau lebih sering buang air kecil

Karena gula darah meningkat tubuh akan meresponnya dengan menghilangkan glukosa ekstra melalui ginjal. Inilah yang menyebabkan anak lebih sering buang air kecil. Karena banyak cairan yang dikeluarkan tubuh akibatnya anak menjadi merasa lebih sering kehausan.

Anak sering merasa kelaparan

Karena tubuh tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup akibatnya glukosa dari makanan tidak mampu diserap oleh tubuh secara maksimal. Hal ini akan memnbuat sel otot anak akan kekurangan energi untuk melakukan aktivitasnya, akibatnya anak lebih sering merasa kelaparan.

Kehilangan berat badan

Walau anak makan banyak karena lebih sering merasa kelaparan, namun berat badan akan menurun dalam waktu singkat. Ini dikarenakan tubuh tidak dapat menyerap gula darah secara maksimal, sehingga untuk membuat jaringan otot dajj cadangan lemak menyusut.

Kelelahan

Tubuh yang tidak dapat menyerap gula dari makanan membuat tubuh kekurangan energi. Sehingga anak mengalami mudah kelelahan dan akan terlihat lesu.

Anak menjadi sering cepat marah

Tidak hanya masalah pada fisik, anak juga akan menunjukkan gejala mental. Anak dengan diabetes tipe 1 dapat tiba-tiba marah atau murung.

Baca Juga

Infeksi jamur

Anak perempuan yang belum puber dan menderita diabetes tipe 1 mungkin memiliki infeksi jamur pada vaginanya. Bayi yang menderita diabetes tipe 1 juga bisa mengalami ruam popok karena jamur.

Itulah beberapa gejala diabetes tipe 1 pada anak. Jika anak menderita salah satu gejala diatas segera bawa ke klinik terdekat ya Bun.