7 Candi Sebagai Wisata Edukasi Anak Yang Wajib Kamu Kunjungi

Mypoly Indonesia – Banyak yang mengatakan budaya merupakan identitas suatu bangsa. Ada pula yang mmengatakan budaya merupakan ciri khas suatu bangsa. Seperti halnya di Indonesia, Negara tercinta kita ini memiliki beragam budaya.

Setiap budaya memiliki beragam kisah dan sejarah yang selalu menarik untuk dibahas. Apalagi saat melihat sang buah hati begitu tertarik dengan suatu kisah sejarah atau peninggalannya. Karena saat menginjak usia dini, rasa ingin tahu si kecil sangat tinggi.

Tak ada salahnya kita mengajak si kecil untuk mempelajari budaya-budaya masa lalu dengan mengunjungi wisata edukasi, salah satunya dengan berkunjung ke kota Yogyakarta. Kota ini dikenal dengan kebudayaan jawa yang masih kental dan peninggalan bersejarahnya.

Baca Juga – 10 Wisata Keluarga di malang dan Sekitarnya

Salah satu peninggalan bersejarah udaya masa lalu adalah candi. Dengan berkunjung ke candi, bunda tidak hanya berekreasi, namun juga dapat menghormati perbedaan agama yang ada di Indonesia dan menjadi media edukasi bagi si kecil.

Berikut ini beberapa candi yang bisa bunda jadikan sebagai tujuan wisata edukasi anak.

Candi Borobudur

Berlokasi di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi terbesar yang ada di Indonesia. Konon, candi ini didirikan oleh penganut Buddha Mahayana pada abad ke-8 masehi sebagai bentuk penghormatan kepada sang Buddha.

Candi ini berbentuk seperti piramida, Bunda dan keluarga perlu menaiki ratusan anak tangga untuk sampai ke puncak candi. Namun, rasa lelah bunda dan keluarga akan terbalaskan ketika melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas.

Candi Prambanan

Candi ini merupakan salah satu candi hindu terbesar, menurut legenda, konon candi ini didirikan pada tahun 850 masehi dengan cerita rakyat yang sangat terkenal. Yaitu cerita seorang pangeran Bandung Bondowoso yang sangta mencintai Roro Joggrang.

Candi Sewu

Candi yang terletak sekitar 800m sebelah utara candi prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan pada abad ke 8. Nama “Sewu” dalam bahasa jawa artinya seribu, namun pada dasarnya hanya ada 249 candi di kawasan ini.

Karena masih berdekatan dengan lokasi Candi Prambanan, banyak orang sering mengira bahwa Candi Sewu dan Candi Prambanan merupakan satu tempat yang sama.

Candi Ratu Boko

Terletak sekitar 3Km arah selatan dari candi Prambanan, terdapat sebuah candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno, yaitu Candi Ratu Boko. Karena terletak di ketinggian, candi ini sering dipakai untuk mengabadikan momen matahari tenggelam, selain itu kita bisa menikmati keindahan kota Yogyakarta dan candi prambanan dengan gunung merapi sebagai backroundnya.

Candi Sambisari

Candi ini merupakan candi peninggalan Hindu Kuno yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-10 dan baru ditemukan pada tahun 1966, tertimbun selama ratusan tahun.

Dengan tinggi 7,5 m, candi ini memiliki keunikan sendiri dibanding candi-candi yang lainnya. Akibat telah tertimbun di bawah tanah selama ratusan tahun, candi ini terletak 6,5 m di bawah permukaan tanah. Jika candi lainnya memiliki tangga untuk sampai kepada puncak candi, Candi Sambisari terletak di bawah dan seakan muncul dari permukaan tanah.

Candi Mendut

Candi ini berada sekitar 3 Km dari candi borobudur. Uniknya, sampai saat ini masih belum diketahui pasti siapa dan kapan candi ini didirikan. Namun dilihat dari bentuknya diperkirakan candi ini lebih tua dari candi Borobudur.

Baca Juga

Candi Pawon

Candi Pawon terletak di barat candi mendut kurang lebih 1,2 km dan sebelah timur candi borobudur kurang lebih 1,8 km. Selain lokasi yang berdekatan, ketiga candi ini memiliki kemiripan arsitektur dan motif, uniknya ketiga candi ini bisa ditarik menjadi satu garis lurus, dan banyak sejarawan yang mengaitkan hubungan sejarah ketiga candi ini.

Tinggalkan Balasan