Mypoly Indonesia – Hidung tersumbat tentunya sangat membuat si kecil tidak nyaman ya bun, bahkan bisa membuat si kecil rewel. Hidung tersumbat membuat si kecil sulit bernapas dan bahkan bisa membuat nafsu makannya berkurang.

Memang kondisinya tidak mengkhawatirkan dan akan sembuh sendiri, akan tetapi jika si kecil tidak nafsu makan bisa mengganggu kesehatan si kecil. Jangan khawatir bun, berikut ini 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa bunda lakukan di rumah.

Baca Juga – 5 Penyebab Mimisan Yang Sering Terjadi Pada Anak

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Gunakan obat saline pada hidung

Saline adalah obat semprot hidung yang aman digunakan untuk balita dan anak. Obat ini akan mengurangi produksi lendir yang bisa menyumbat hidung.

Agar si kecil nyaman, bunda bisa menggunakan obat ini ketika dia berbaring. Dengakkan sedikit kepala si kecil dan semprotkan sebanyak 2-3 kali melalui hidung si kecil.

Sedot ingus dengan Bulb Syringe

Bulb Syringe bisa digunakan jika lendir susah keluar padahal sudah menggunakan obat tetes atau semprot.

Cara penggunaannya dengan memencet dan tahan bagian yang menggembung kemudian masukkan pipet ke dalam lubang hidung, lepaskan bagian yang menggembung tadi sehingga ingus akan tersedot kedalam alat ini.

Bersihkan ingus dan lendir pada bagian luar hidung

Mungkin jika lendir terlalu banyak akan keluar dan menempel di bagian luar hidung. Jika tidak dibersihkan lendir akan mengeras dan mengganggu pernapasan si kecil.

Ungtuk mengatasinya, ambilah kapas yang sudah dibasahi dengan sedikit air hangat, ini akan membuat ingus yang sudah mengeras menjadi lebih mudah dibersihkan.

Menggunakan mesin pemebab udara (Hunidifier)

Dengan menggunakan alat ini akan membuat udara di ruangan menjadi hangat sehingga lendir tidak mengeras di dalam hidung.

Selain itu bunda juga bisa menggunakan Nebulizer yang bisa mengatasi lendir yang menggumpal di dalam hidung.

Tepuk punggung bayi perlahan

Cara ini akan membuat si kecil menjadi lebih nyaman dan mengurangi rewel si kecil. Bunda bisa menepuk bagian punggung secara perlahan. Posisikan si kecil tengkurap kemudian tepuk secara perlahan punggungnya, ini juga akan membuat lendir yang menyumbat mudah keluar dari hidung.

Baca Juga

Atur posisi tidur si kecil

Dengan memposisikan kepala yang lebih tinggi dari badan akan mengurangi lendir yang bisa mengental dan menyumbat hidung si kecil. Posisi ini juga akan memudahkan si kecil menghirup udara.

Itulah 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang bisa bunda lakukan di rumah. Jangan lupa melengkapi asupan gizi si kecil dengan memberi nutrisi yang cukup. Selain itu jaga kebersihan rumah dan hindarkan si kecil dari aktivitas-aktivitas yang bisa membuat kesehatan si kecil terganggu.

× Konsultasi dengan kami?