7 Penyebab Anak Kurus dan Cara Ampuh Mengatasinya

Mypoly Indonesia – Berat badan merupakan salah satu indikator gizi seseorang. Tak heran banyak orang tua yang khawatir melihat anak yang terlalu kurus. Tapi tahukah kamu ternyata anak yang kurus tidak selalu menandakan bahwa anaknya kurang gizi. Faktanya ada banyak penyebab anak terlihat kurus. Berikut ini beberapa penyebab seorang anak terlihat kurus.

Penyebab Anak Kurus

Banyak faktor yang menyebabkan anak memiliki badan yang kurus, salah satunya adalah faktor genetik. Jadi jika Bunda memiliki badan yang kurus, mungkin si kecil juga akan memiliki badan yang kurus. Selain faktor genetik berikut ini hal-hal lain yang bisa menjadi penyebab anak kurus.

  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Aktivitas berlebihan yang tidak diimbangi asupan nutrisi yang cukup
  • Memiliki penyakit tertentu
  • Mengalami gangguan pencernaan
  • Mengkonsumsi makanan yang tidak tepat, misalnya si kecil hanya mau makan makanan tinggi gula, junk food, dan makanan kurang bergizi lainnya
  • Lingkungan yang tidak higenis sehingga anak mudah terserang penyakit
  • Stress

Baca Juga – 6 Gejala Anak Menderita Diabetes Tipe 1

Perlukah Orang Tua Khawatir?

Setiap orang tua pasti khawatir jika perkembangan anak tidak sama dengan anak lain seusianya. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti yang kita sebutkan diatas, secara umum jika anak baik-baik saja maka nafsu makannya masih terjaga dan dia pun masih aktif bermain kesana kemari. Kalau sudah begini Bunda tak perlu khawatir lagi ya.

Beda lagi kalau penyebab kurus anak dikarenakan kurang gizi atau malnutrisi. Malnutrisi membuat tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Padahal vitamin dan mineral sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan imun tubuh. Sistem imun tubuh yang berkurang inilah yang membuat anak kurus karena kurang gizi menjadi lebih mudah sakit. Kalu sudah begini baru bunda khawatir ya.

Cara Membedakan Anak Kurus Normal dan Tidak Normal

Lalu bagaimana cara membedakan anak kurus yang normal dengan yang tidak normal? Cara terbaik yang bisa bunda lakukan adalah dengan konsultasi ke dokter spesialis gizi anak. Dokter akan melakukan beebrapa pemeriksaan untuk melihat kondisi fisik anak. Baik dair berat badan, lingkar lengan atas, dll.

Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan laboratorium untuk menentukan penyebab medis yang mungkin dialami anak.

Baca Juga

Cara Menaikan Berat Badan Anak

Cara yang bisa bunda lakukan untuk membantu menaikkan berat badan anak adalah dengan memberikan asupan kalori kepada anak. Tapi pemberian kalori juga harus diperharikan ya bun, pastikan mengandung lemak yang sehat.