7 Rute Touring Paling Menantang di Jawa Timur

Mypoly Indonesia – Jawa Timur terkenal dengan destinasi wisata yang memukau. Jajaran pegunungan yang indah dan memukau menghiasi kota-kota wisata di daerah selatan. Berbeda dengan wisatawan biasa, para Rider justru lebih menikati rute perjalanan yang dilewatinya. Meskipun capek, terkadang ada kepuasan tersendi dan menantang adrenalin selama perjalanan. Berikut ini 7 rute paling menantang yang ada di jJawa Timur.

Pacet – Cangar – Batu

Rute ini melalui pacet yang masuk ke dalam wilayah kabupaten Mojokerto dengan tujuan kota Batu, Malang. Jalannya sudah beraspal dengan dominasi tanjakan akan memaksa motor menggunakan gigi terendah untuk bisa menanjak. Di beberapa titik sebelum sampai ke pemandian cangar ada tikungan curam S, gambaran sederhananya tikungan ke kanan lalu kiri kemudian kanan lagi, dengan lebar yang nggak seberapa, dan jarak antar tikungan yang pendek, skill kita akan diuji disini, salah pindah gigi dijamin motor atau mobil brosis bakal melorot.

Mau Bikin Kaos, Kemea, dan Seragam Komunitas? Klik Disini

View pemandangannya pun memukau, kanan kiri  pegunungan indah. Belum lagi sampai di titik paling atas ada pemandian air anget cangar batu. Kemudian jalan akan turun sampai ke arah kota batu melewati wisata selecta, coban talun dan masih banyak lagi. Di sepanjang jalan turun pun view perkebunan apel menjadi hal menyejukkan mata.

Magetan – Sarangan – Cemoro Sewu

Rute Magetan – Cemoro Sewu memiliki jalanan yang lebar beraspal mulus, dengan karakter cepat. Untuk menanjak menuju Cemoro Sewu sebenarnya cukup menantang, lagi-lagi gigi terendah wajib digunakan di jalan yang mengitari gunung lawu ini.

Ponorogo – Pacitan – Jogja

Ini menjadi salah satu rute yang panjang, dan sayang untuk dilewatkan. Sepanjang perjalanan view pemandangan Ponorogo, Pacitan dan Jogja tak bisa diragukan lagi. Dari arah Ponorogo – Pacitan jalanan didominasi jalur berliku dengan tanjakan yang tidak terlalu curam. Kalau soal kondisi jalan, bisa dibilang ini yang paling memanjakan rider. Aspal mulus dengan kepadatan kendaraan yang tak terlalu padat membuat jalanan ini menjadi jalanan terbaik di Jawa timur. Menuju kearah barat, ke Gunung Kidul, Yogyakarta, agan bisa lewat Sedeng yang jalannya nanjak abis.

Malang Selatan

Di sisi selatan ada rute malang selatan menuju wisata ke sisi selatan Kab. Malang. Rute yang bervariatif bisa dinikmati mulai dari tanjakan, turunan tajam, tikungan, hingga blindspot pun ada di jalanan yang sebenarnya akan nyambung dengan JLS (Jalur Selatan Jawa). Pemandangannya pun tak kalah memukau, tak hanya dominasi pegunungan dan dataran tinggi yang hijau, di kejauhan tampak laut selatan yang indah.

Malang Selatan memang terkenal dengan spot-spot wisata pantai yang indah. Mulai pantai goa cina, bajul mati, 3 warna, maupun sendang, dan masih banyak lagi.

Bikin Jaket Komunitas, Kelas, dan Event. Proses Cepat & BERGARANSI. Klik Disini!

Malang – Lumajang

Sebelum sampai di jalur Malang Selatan ada jalur Malang – Lumajang yang gak kalah menantang. Ini adalah jalan satu-satunya untuk melewati lumajang dari arah Malang. Rutenya di mulai dari Turen lalu ambil arah ke Dampit kemudian lanjut ke arah Ampel Gading atau Tirtoyudo yang berbatasan langsung dengan Kab Lumajang. Jalan yang tidak terlalu lebar dengan kepadatan kendaraan yang lumayan, masih oke lah untuk riding.

Tipikal jalannya menanjak dengan sedikit turunan, ada beberapa blindspot yang mengharuskan rider waspada, belum lagi jalanan sedikit bumpy di beberapa titik. Tapi hal itu tidak akan menyurutkan pemandangan yang indah di kanan kiri jalan, puncaknya di pasirian Lumajang agan bisa menikmati pemandangan aliran kawah dari gunung Semeru yang berupa pasir dari atas bukit.

Jember – Alas Gumitir (Banyuwangi)

Ini adalah salah satu rute horror di Jawa Timur. alas Gimitir terkenal dengan hal-hal mistisnya, yah 11-12 dengan alas roban. Rider harus waspada dengan blindspot, tikungan yang tajam, serta lalu lalang kendaraan besar yang melintas di jalur ini. Tak jarang rider mengalami crash di jalur ini.

Yang paling menantang, coba agan lewat jalur ini pada malam hari atau saat hujan, adrenalin kamu akan terpacu gan. Tapi harus tetap waspada ya bro.

Baca Juga

Bromo (Melalui Pasuruan dan Purwodadi)

Sebenarnya ada 3 rute menuju Gunung Bromo, yaitu melalui Probolinggi, Pasuruan, dan Purwodadi. Diantara ketiga rute itu, Pasuruan Purwodadi menjadi rekomendasi buat para Rider. Jalanan aspal mulus dengan kemiringan yang bervariasi, skill rider akan diuji dijalanan ini dengan kemiringan yang bervariatif plus tanjakan yang lumayan, selain itu rute ini akan menguji peforma motor agan.

Masih banyak rute di Jawa timur yang indah, seperti Malang/Batu – Kediri , maupun jalur ke Trenggalek. Begitu juga rute pantura, namun masih didominasi jalanan yang buruk, belum lagi di beberapa titik jalannya sempit.

Tinggalkan Balasan