9 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Mypoly Indonesia – Setiap anak memiliki karakter yang unik dan berbeda-beda, terlebih saat memasuki masa sekolah. Beberapa anak biasanya sangat antusias karena akan bertemu banyak teman-temannya. Namun ternyata ada beberapa anak yang justru tidak mau sekolah lho bun. Lalu bagaimana caranya jika anak tidak mau sekolah? Berikut ini 9 cara mengatasi anak yang tidak mau sekolah.

Beri Gambaran

Beri dia gambaran atau bayangan bahwa bersekolah itu menyenangkan. Ceritakan semua yang bisa dia dapatkan dengan bersekolah, baik pengalaman yang seru maupun teman-teman baru yang mmenyenangkan.

Baca Juga – Mainan Edukasi Anak Untuk Usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Beri Motivasi

Mengenalkan sekolah sejak dini akan membantu anak untuk mempersiapkan dirinya dalam dunia pendidikan formal. Selalu beri motivasi kepada si kecil dan ajaklah si kecil untuk berdiskusi apa yang dia takukan, atau berdiskusi di sekolah mana dia mau mengecap pendidikan.

Ajarkan Bersekolah Sejak Dini

Latih kemampuan si kecil sejak ini untuk memahami dunia sekolah, salah satunya adalah dengan bermain peran sebagai guru & murid. Ini akan mengubah mindset si kecil bahwa sekoalh itu menyenangkan.

Konsekuensi Sekolah

Saat anak mulai berkeinginan untuk bersekolah, kenalkan pula dia dengan konsekuensinya. Misalnya dia harus bangun pagi, mandi tepat waktu dan berangkat tepat waktu. Ini akan melatih kedisiplinan anak.

Selain itu waktu bermain anak juga pasti berkurang, ini adalah waktu yang tepat untuk mengenalkan arti tanggung jawab pada anak.

Sosialisasi

Jangan malas untuk selalu membangun komunikasi yang baik dengan anak, ini akan melatih kemampuan komunikasi anak. Anak akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan pendapat dan keberaniaan saat di sekolah.

Diskusi

Ajak si kecil untuk selalu berdiskusi jika mengalami masalah. Ini akan melatih kejujuran anak akan masalah yang dihadapi. Ajak diskusi anak kenapa dia tidak mau sekolah dan berilah solusi yang tepat dan mudah di mengerti buah hati.

Cita-Cita

Untuk meningkatkan motivasinya karena malas sekolah atau tidak mau sekolah, tanyakan pada si kecil tentang cita-cita dan impiannya. Berikan pula ilustrasi atau contoh seseorang yang menjadi cita-citanya.

Kerjasama

Jika dengan nasihat anak tetap tak mau sekolah, sebaiknya segera menghubungi guru wali kelasnya atau orang yang lebih memahami dunia sekolah secara detail.

Baca Juga

Jika penyebab si anak tidak mau sekolah berasal dari lingkungannya, misalnya rekan-rekannya atau karena ia kesulitan menerima penjelasan salah satu guru, tentu wali kelasnya akan lebih paham mencari solusi dan menyelesaikan masalahnya.

Beri Hadiah

Saat anak tidak mau sekolah jangan langsung memarahinya, ini justru akan membuatnya malas. Tingkatkan minat sekolahnya dengan memberi hadiah saat dia mendapatkan ranking tertentu.

Demikian beberapa cara mengatasi anak yang tidak mau sekolah.

One thought on “9 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

  1. Pingback: Penyebab Anak Sering Mengigau Saat Tidur - Mypoly Indonesia - Bikin Kaos Custom Desain Sesukamu

Tinggalkan Balasan