Mypoly Indonesia – Sebelum berjalan, si kecil harus belajar berdiri terlebih dahulu. Prosesnya pun lumayan panjang bun, si kecil harus belajar keseseimbangan dan melatih otot kaki agar kuat menopang tubuh si kecil.

Tak hanya mengajarinya berdiri secara langsung, beberapa permainan berikut ini bisa membantunya belajar berdiri dan melatihnya membentuk otot kaki.

Baca Juga – Makanan Penambah berat Badan Anak

Kapan sih si kecil mulai belajar berdiri?

Umumnya pada saat usia menginjak 8-9 bulan, si kecil mulai menunjukkan kematangannya secara fisik. Pada usia ini si kecil bisa mengangkat dirinya sendiri meskipun belum sepenuhnya bisa dan masih dengan bantuan bunda.

Meskipun sudah bisa berdiri, pada usia ini si kecil masih memerlukan bantuan bunda atau dengan berpegangan sofa, kursi atau meja di sekitarnya. Si kecil pun akan langsung mencoba berdiri saat bunda mengulurkan kedua tangan.

Saat bunda mengulurkan tangan dan si kecil mulai berusaha beranjak berdiri, bantu dia dengan sedikit menariknya agar dia bisa berdiri. Jangan langsung dilepaskan ya bun, buat dia berdiri beberapa saat dan ajarkan anak untuk belajar melangkahkan kakinya.

Ambil mainan dari meja

Selain mengajarinya berdiri dengan mengulurkan tangan, salah satu cara melatih otot kak anak adalah dengan memintanya mengambil mainan dari meja. Siapkan mainan favoritnya dan taruh diatas meja, lalu mintanya dia untuk mengambil mainan tersebut.

Biarkan si kecil mengambil mainan tersebut dengan berpegangan pada sisi-sisi meja hingga dia berdiri sempurna.

Selain melatih keseimbangan, aktivitas ini juga akan membantunya melatih otot tangan dengan sempurna. Tapi ingat ya bun, pastikan meja yang digunakan bermain si kecil benar-benar kuat dan tidak memiliki sudut yang tajam.

Bermain mengejar ayah dan ibu

Cobalah mengajak si kecil bermain mengejar ayah, ibu, atau kakak. Caranya papah si kecil untuk berdiri tegak, kemudian mintalah ayah atau kakak untuk menggoda si kecil sampai si kecil terpancing untuk mengejarnya.

Cara ini akan merangsang keinginan si kecil untuk bisa cepat berjalan, cara ini juga efektif untuk melatih otot tangan dan kaki, melatih keseimbangan, sekaligus melatih koordinasi otak dan otot.

Menurut psikolog anak dan keluarga, Lawrence J., bermain dengan keluarga akan membuat anak menjadi lebih bahagia dan hubungan keluarga semakin harmonis.

Baca Juga

Harus hati-hati dan waspada

Selama proses belajar berdiri mungkin si kecil akan sering terjatuh. Waspadai adanya luka atau cidera pada si kecil ya bun. Untuk mengurangi resiko cidera karena terjatuh, sebaiknya area bermain si kecil diberi alas berupa matras spons yang tidak licin ya bun.

× Konsultasi dengan kami?