Mypoly Indonesia – Badan yang gemuk pada anak akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Namun di sisi lain, tidak baik juga jika berat badan anak terlalu rendah atau anak terlalu kurus. Efeknya sama dengan kondisi yang pertama, yaitu timbulnya berbagai masalah kesehatan.

Bunda harus cepat tanggap dalam mengatasi masalah ini, pastikan anak memiliki berat badan yang ideal. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa membantu menaikkan berat badan anak.

Baca Juga – 6 Bahaya Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Lemak Sehat

Lemak merupakan salah satu faktor yang membantu menambah berat badan anak. Namun perlu diperhatikan ya bun, tambahkan hanya lemak sehat ke dalam menu makanan si kecil. Jika si kecil biasanya mendapatkan lemak dari mentega, margarin, minyak goreng, dan daging, kini bunda bisa menggantinya dengan sumber nabati misalnya dari kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat, serta ikan.

Rencana Pola Makan

Membuat pola makan yang teratur juga penting lho bun. Ajak si kecil untuk mengetahui apa yang menjadi menu makanannya. Ajak juga si kecil untuk membuat menu makanan tersebut secara bersama. Ini akan membuatnya bersemangat dan meningkatkan nafsu makannya dalam menyantap makanannya. Ini akan memberbesar peluang penambahan berat badan.

Shake, Jus Buah dan Smoothies

Shake, jus buah, atau smoothies sangat berguna untuk memberikan kalori yang aman untuk si kecil. Dengan begitu si kecil bisa menyimmpan lebih banyak lemak untuk pembentukan otot, yang akhirnya akan menambah berat badannya. Untuk leboh mengoptimalkan cara ini, bunda bisa menambahkan yogurt, sayuran, madu, dan lain-lain.

Jangan Pernah Memberinya Junk Food

Pada umumnya, orang yang sering mengkonsumsi junk food memiliki badan yang gemuk. Namun kondisi ini tidaklah sehat. Untuk menambah berat badan anak sebaiknya jangan pernah menggunakan cara ini karena bisa mengakibatkan obesitas pada anak.

Baca Juga

Pada dasarnya tubuh si kecil membutuhkan 3 jenis lemak, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda. Junk food hanya memiliki lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah cara alami untuk menaikkan berat badan anak. Asupan gizi yang sesuai akan semakin menunjang keberhasilan pola hidup sehat untuk anak.

× Konsultasi dengan kami?