Mypoly Indonesia – Sariawan adalah terjadinya peradangan pada rongga mulut yang biasanya terjadi di bagian dalam pipi, gusi, lidah, bibir, kerongkongan, langit-langit ataupun bagian bawah mulut.

Memang sariawan terlihat sepele bun, namun bisa mengganggu proses pencernaan anak dan cenderung mengurangi nafsu makan anak lho, ini dikarenakan timbul rasa perih atau sakit jika makanan dan minuman terkena bagian sariawan.

Baca Juga – Penyebab Bau Mulut Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Lalu bagaimana cara mengatasi sariawan pada anak secara ampuh? Sebelumnya kita harus mengetahui penyeba-penyebabnya ya bun.

Penyebab dan Jenis Sariawan

Stomatitis apthosa

Ini merupakan sariawan yang terjadi akibat trauma, misalnya luka gores saat menyikat gigi atau tergigit tanpa sengaja sehingga menyebabkan adanya luka di dalam mulut. Sariawan ini akan menyebabkan peradangan yang mengakibatkan rasa sakit dan nyeri.

Oral Thrush / Moniliasis

Jamur Candida albicans yang bersarang di lidah merupakan penyebab sariawan jenis ini. Saat daya tahan tubuh menurun, atau saat mengkonsumsi obat-obatan jenis antibiotic, pertumbuhan jamur ini melebihi batas normal.

Stomatitis herpetic

Sariawan jenis ini terjadi di tenggorokan dan disebabkan oleh virus Herpes simplex. Virus ini biasanya menyerang saat daya tahan tubuh si kecil menurun.

Cara mengatasi sariawan pada anak

Selalu menjada kesehatan mulut dan gigi

Pastikan selalu mengajari si kecil menjaga kesehatan mulut sejak dini ya bun. Pastikan si kecil selalu menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur.

Agar gigi si kecil terjaga kesehatannya, sebaiknya ajak si kecil mengecek kesehatan giginya minimum 3 bulan sekali.

Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat

Saat anak terkena sariawan, pastikan anak tetap mendapatkan asupan nutrisi baik makanan maupun minuman yang cukup ya bun. Ini akan mengurangi resiko dehidrasi akibat kekurangan cairan.

Berikan makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin B, C, dan zat besi agar proses penyembuhan dapat lebih cepat. Misalnya dengan memberinya jus apel, jeruk, tomat, dan sayuran.

Menyuapi anak saat makan

Ini yang harus bunda lakukan saat si kecil kehilangan nafsu makan. Pasalnya, sariawan bisa menyebabkan anak kehilangan nafsu makan. Suapi anak secara perlahan ambil kita ajari anak untuk mengunyah makanannya dengan lebih pelan agar tidak sampai mengenai sariawan.

Baca Juga

Ganti botol dengan gelas untuk minuman si kecil

Hindari menggunakan botol saat memberikan minum atau susu demi terhindarnya kontak langsung dengan sariawan.

Itulah beberapa penyebab sariawan dan cara mengatasinya. Ingat, selalu jaga kesehatan mulut ya bun.