Mypoly Indonesia – Memiliki anak kembar menjadi dambaan bagi sebagian pasangan. Tingkah mereka yang lucu saat bermain, atau saat mereka menginjak usia berjalan, berlarian dengan baju kembar, duh gemes ya Bun.

Akan tetapi bagi sebagian orang tua memiliki anak kembar tidak selalu menyenangkan. Sebagai orang tua kita harus mengurus dua bayi sekaligus, saat yang satu menangis kembarannya akan ikut menangis.

Memiliki bayi kembar harus dengan persiapan yang benar-benar matang. Selain persiapan secara materi yang dua kali lipat, yang jadi pertanyaan adalah mampukah sang ibu mengurus dua bayi sekaligus?

Baca Juga – Cara Alami Menaikkan Berat Badan Anak

Setelah persiapan matang, selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan sepasang bayi kembar yang lucu dan menggemaskan. Terkadang memiliki bayi kembar adalah sebuah keberuntungan, namun perlu bunda ketahui ada cara memiliki anak kembar lho, berikut ini caranya.

Faktor yang memperbesar peluang memiliki anak kembar

Adanya riwayat anak kembar dalam keluarga

Saat salah satu pihak memiliki riwayat anak kembar dari keluarganya, baik dari pihak suami maupun pihak istri, ini akan memperbesar peluang memiliki anak kembar.

Bahkan menurut mitos, jika dari pihak istri yang memiliki riwayat anak kembar maka peluang memiliki anak kembar jauh lebih tinggi. Hal ini karena genotip ibu lebih berperan karena adanya ovulasi ganda yang diturunkan.

Hamil di usia 35 tahun ke atas

Menurut penelitian, menunjukkan bahwa istri yang hamil di usia 35 tahun keatas memiliki peluang mendapatkan anak kembar lebih tinggi dibandingkan yang berusia dibawah 35 tahun.

Hamil ketika menyusui

Kadar prolaktin dalam tubuh istri sangat tinggi saat menyusui. Ini menjadi momen yang pas jika kamu merencanakan memiliki anak kembar. Programkan untuk membuat anak pada saat istri menyusui, atau siklus menstruasi normal setelah melahirkan.

Istri memiliki berat badan ideal

Sebelum merencanakan kehamilan, sebaiknya memiliki berat badan yang ideal. Jika terlalu kurus maka peluang memiliki anak kembar menjadi kecil.

Mengonsumsi susu

Perempuan yang mengkonsumsi produk susu dan olahannya terutama susu sapi memiliki peluang lima kali lebih besar memiliki anak kembar.

Mengkonsumsi asam folat

Asam folat berfungsi membantu proses ovulasi, proses obulasi anak meningkat sehingga peluang memiliki anak kembar semakin besar. Sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti ikan laut, sayuran hijau, dan brokoli. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen asam folat.

Istri mengkonsumsi ubi

Ubi bisa merangsang sel telur agar berbuah dan matang lebih cepat serta berbuah lebih dari satu. Sering–seringlah mengkonsumsi ubi agar memiliki peluang lebih besar.

Istri mengkonsumsi suplemen kesuburan

Dengan mengkonsumsi suplemen kesuburan akan meningkatkan peluang anak kembar karena perempuan akan menghasilkan lebih dari satu ovum selama ovulasi.

Suami mengkonsumsi tiram

Tiram mengandung zinc yang tinggi sehingga produksi perma pada suami akan lebih banyak dan sehat. Selain itu gerakan sperma ketika menuju sel telur akan lebih cepat.

Baca Juga

Istri dan suami mengkonsumsi kecambah

Mengkonsumsi kecambah dengan kuantitas banyak dan intensitas tinggi juga membantu memperbesar memiliki anak kembar lho Bun. Kecambah mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi, hal ini akan meningkatkan kualitas sel telur dan sperma.

Itulah 10 cara memiliki anak kembar yang bisa bunda terapkan.

× Konsultasi dengan kami?