Cara Menaikkan Berat Badan Anak yang terlalu Kurus

Menaikkan Berat Badan Anak

Mypoly Indonesia – Anak yang terlalu kurus selalu di kaitkan dengan anak yang kekurangan nutrisi. Saat berat badan anak terlalu kecil serinng kali orang tua jadi khawatir dengan kesehatan anak, tak jarang orang tua juga cemas. Padahal anak yang terlihat kurus tak selalu mengalami kekurangan gizi.

Kenapa anak kurus?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak, baik berat badan maupun tingginya. Selain asupan nutrisi, faktor genetik juga bisa menjadi penyebab seseorang kurus.

Asupan nutrisi dan beratnya aktivitas anak juga mempengaruhinya, Porsi makan yang tidak sesuai dengan aktivitas sehari-hari juga memppengaruhi berat badan anak, karena kalori yang keluar lebih besar daripada kalori yang masuk.

Baca Juga – 5 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Anak, Wajib Baca Bunda

Menaikkan berat badan anak yang terlalu kurus

Jika status gizi anak kurang baik atau bahkan buruk, atau anak mengalami penurunan berat bada yang drastis, orang tua harus melakukan pengecekann dengan teliti.

Pada dasarnya, untuk meningkatkan berat badan anak diperlukan asupan kalori yang lebih besar daripada kalori yang dibakar. Untuk itu yang harus dilakukan pertama kali adalah menganalisa apakah anak termasuk anak yang aktif dengan berbagai kegiatan atauu tidak.

Jika anak memiliki banyak kegiatan, asupan makanannya pun harus banyak. Berikan makan utama 3 kali sehari dengan selingan cemilan 2-3 kali sehari. Kualitas makanan juga harus diperhatikan lho bun. Pastikan anak mendapatkan nutrisi yang seimbang, terdiri atas berbagai komponen nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Baca Juga – Bermain Sambil Belajar! Inilah 5 Wisata Edukasi Anak di Jawa Timur Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Berikan anak buah-buahan dan sayur atau biskuit susu dan gandum sebagai cemilan. Kita juga bisa membiasakan anak meminum jus atau susu. Dalam memberikan cemilan sebaiknya jangan terlalu banyak atau berlebihan agar anak tidak terlampau kenyang dan menolak makanan utama. Hindari makanan tinggi garam dan gorengan ya Bun.

Selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Pastikan si kecil mendapatkan waktu istirahat yang cukup baik malam maupun siang hari untuk membangun metabolisme yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang tidur kurang dari 12 jam beresiko memiliki berat badan yang berlebih hingga 2 kali lipat di usia 3 tahun dibandingkan dengan anak yang memiliki waktu tidur lebih dari 12 jam.

Jika anak sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tidur yang optimal tapi berat badannya sulit naik, kita harus mewasdainya Bun, ini mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada si kecil seperti infeksi kronis, anemia, atau kelainan fungsi lainnya, ini akan mengganggu proses pertumbuhan anak lho Bun.

Baca Juga

Periksa sistem pencernaan anak dari kualitas dan kuantitas buang air besarnya. Selidiki adanya gejala cacingan sejak dini, bila perlu kita bisa membawa anak ke dokter spesialis anak terkait berat badannya yang turun.

 

Sumber – klikdokter.com

Tinggalkan Balasan