Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi, Ini Lho Bun Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mypoly Indonesia – Cegukan merupakan hal wajar yang bisa terjadi kepada semua orang. Tak hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami cegukan. Bahkan, tak jarang cegukan juga dirasakan bayi saat masih dalam kandungan.

Cegukan erat kaitannya dengan kontraksi otot pada diafragma. Biasanya cegukan terjadi dikarenakan adanya stimulasi pada otot diafragma sampai memicunya untuk berkontraksi.

Cegukan pada bayi lazimnya tidak berbahaya, tapi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, apalagi kalau cegukan terjadi terus menerus atau dalam durasi yang lama. Karena itu, ada baiknya Bunda memahami penyebab bayi cegukan supaya bisa menghindarkan si kecil dari masalah kesehatan yang satu ini.

Cegukan karena terlalu banyak menelan makanan

Bayi cegukan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab bayi cegukan yang sangat sering terjadi ialah karena proses menelan makanan atau ASI yang terlalu banyak atau terlampau cepat. Bunda sebenarnya dapat mengatasi masalah ini dengan mengatur posisi menyusui supaya jumlah ASI yang keluar tidak terlalu banyak dan si kecil pun dapat menyusu dengan lebih perlahan.

Baca Juga – 8 Trik Menghadapi Anak Yang Susah Makan, Wajib Coba Bun

Cegukan karena udara yang masuk saat makan

Di samping itu, bayi cegukan juga dapat disebabkan oleh banyaknya udara yang masuk ketika si kecil sedang makan atau minum. Untuk meminimalisir masuknya udara ketika bayi menyusu, bunda dapat memposisikan kepala lebih tinggi dari perut. Cara ini dapat mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut sehingga mengurangi risiko cegukan pada bayi.

Bayi cegukan bukan hanya disebabkan oleh kuantitas makanan dan udara yang masuk ke mulutnya, tapi dapat juga terjadi karena bayi kaget, contohnya saat si kecil mandi atau terpapar suhu dingin.

Cara menghindarinya, usahakan Bunda mencelupkan tubuh di si kecil secara bertahap ketika mandi dan pastikan airnya lumayan hangat. Di samping itu, tidak boleh lupa agar selalu melindungi tubuh si kecil dengan jaket dan selimut ketika berada di tempat yang dingin.

Mitos cegukan yang harus di hindari

Setelah memahami penyebab bayi cegukan, Bunda pun harus tahu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi bayi cegukan. Selama ini, ada banyak mitos yang berkembang untuk mengatasi bayi cegukan. Namun, banyak dari mitos itu yang salah dan sebaiknya jangan dilakukan.

Baca Juga – 5 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Salah satu mitos untuk menangani cegukan yang sering beredar ialah dengan mengageti atau bahkan menakut-nakuti si kecil. Bun, teknik ini tidak akan dapat membuat cegukan si kecil berhenti. Cara yang tepat untuk menangani bayi cegukan ialah untuk mengusahakan agar si kecil nyaman, yakni dengan menggendongnya dalam posisi tegak sampai cegukannya reda.

Bunda juga dapat menggoyangkan tubuh si kecil perlahan atau menggosok dadanya dengan lembut guna membuatnya merasa lebih tenang.

Baca Juga – 15 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Dan Mandiri

Di samping itu, Bunda juga dapat mencegah bayi cegukan dengan selalu membuat si kecil bersendawa setelah makan atau menyusu. Setelah makan atau minum ASI, perut si kecil seringkali terisi udara. Terdapat sejumlah orangtua yang coba memberikan air guna menghentikan cegukan pada bayi. Namun, urusan ini tidak terbukti bisa menghilangkan cegukan.

Nah, itulah beberapa penyebab dan trik mengatasi bayi cegukan yang harus Bunda ketahui. Meskipun cegukan bukanlah sesuatu yang berbahaya, ada baiknya jika Bunda mengatasi bayi cegukan supaya membuat si kecil lebih tenang dan nyaman.

Tinggalkan Balasan