Cara Mengobati Campak Pada Anak, Ini Lho Penyebab dan Gejalanya

cara-mengobati-campak-pada-anak

Mypoly Indonesia – Campak atau measles disebabkan oleh virus RNA (famili Paromyxavirus), virus ini hanya bisa menyerang manusia melalui saluran pernapasan. Virus ini mudah menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sedang lemah, khususnya anak-anak, orang yang belum pernah terkena campak, dan yang belum pernah mendapatkan vaksinasi campak.  Lalu seperti apa gejala campak, dampaknya, dan cara mengobati campak? Berikut ini akan kita bahas Bun.

Baca Juga – Waspadai Batuk Tak Biasa Pada Bayi, Ini Cara Mengatasinya

Gejala Campak

Gejalanya dimulai dengan demam tinggi, anak terlihat sakit berat disertai batuk dan pilek, muntah dan mencret.

Gejala selanjutnya munculnya ruam kemerahan di wajah hingga seluruh tubuh kemudian mata terlihat kemerahan dan berair.

Pada anak tertentu saat mengalami demam akan disertai kejang, setelah demam turun bercak berubah menjadi coklat kehitaman dan akan menghilang beberapa hari kemudian.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan komplikasi pada paru-paru dan otak. Penyakit ini termasuk penyakit yang sangat menular.

Dampak Penyakit Campak

Virus ini biasanya menyerang anak, dampaknya bisa mengakibatkan komplikasi yang serius pada anak, diantaranya radang paru-paru-paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk, dan kematian.

Baca Juga

Cara Mengobati Campak pada Anak

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksin pada buah hati Anda yang berusia 9 bulan hingga 15 tahun.

Saat si kecil mengalami gejala diatas segera bawa ke dokter untuk menjalamni pengobatan lebih lanjut ya Bun.

Tinggalkan Balasan