Mainan Edukasi Anak Untuk Usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Mypoly Indonesia – pada usia ini bermain adalah aktivitas yang menyenangkan yang bisa mengembangkan mental, fisik, sosial dan emosional anak. Untuk itu, pastikan memilih mainan yang sesuai untuk si kecil ya bun, yang bisa menjadi media edukasi yang menyenangkan.

Kemampuan dan pengetahuan bayi berkembang pesat pada usia ini, mainan seperti boneka yang bisa bernyanyi saat di pencet justru kurang mendukung kreativitas dan imajinasi anak. Pada usia ini, anak lebih membutuhkan mainan yang bisa memancing mereka untuk berpikir, ini secara perlahan akan melatih kemampuan berpikir si kecil.

Baca Juga – Kegiatan Sederhana Yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Anak

Utamakan memberikan mainan edukasi anak untuk usia 6 bulan hingga 1 tahun yang dapat membantunya mengeksplorasi dan mendukung perkembangannya, seperti berikut ini.

Papan Aktivitas

Berikan papan aktivitas yang dilengkapi berbagai mainan edukasi diatasnya, mainan tersebut bisa berupa sesuatu yang menarik minat bayi untuk memutar membuka, menutup, menjatuhkan,menggetarkan maupun meremasnya.

Mainan edukasi anak seperti ini akan melatih koordinasi tangan dan sensorik bayi. Pastikan mainan ini tidak mengandung sesuatu yang membahayakan anak ya bun, misalnya adanya pita atau tali yang bisa menjerat si kecil, atau ada bagian-bagian kecil yanng bisa tertelan si kecil.

Perlengkapan Rumah Tangga

Perlengkapan rumah tangga bisa menjadi mainan yang menarik untuk anak usia 6 hulan hingga 1 tahun. Berikan mainan perlengkapan rumah tangga seperti sendok kayu, cangkir, atau mangkok plastik dengan warna yang menarik.

Ajak si kecil bermain bersama anda saat sedang menyiapkan makanan untuknya. Letakkan mainan yang mudah di jangkau, pastikan tidak ada apapun yang beresiko membuatnya terjatuh dan menimpa anak.

Buku

Membacakan dongeng akan memicu perkembangan berbahasa dan melatih kemampuan pendengaran si kecil.

Pilih buku yang terbuat dari kain atau bahan yang kokoh. Hindari buku yang berbahan kertas karena selain mudah sobek, berisiko memancing bayi memakan serpihan-serpihan kertas.

Mainan Kayu atau Balok

Ajari si kecil bermain balok dengan cara menyusunnya dan kemudian menjatuhkannya. Ajak untuk menempatkan dan menyusun balok tersebut kedalam wadah, atau membentuknya menjadi berbagai macam bentuk. Ini akan melatik imajinasi si kecil.

Bola

Bola masih menjadi salah satu mainan yang menarik untuk anak kecil. Ada berbagai macam cara memainkannya bersama anak. Gelindingkan bola ke arah si kecil dan minta dia menggelindingkannya ke mana saja. Jika usia anak sudah lebih besar, bermain lempar tangkap bola dapat menjadi aktivitas yang sangat menghibur.

Baca Juga

Kardus Bekas

Pada usia ini bayi senang merangkak dan menjelajah ruangan sekitar. Bunda bisa melatih imajinasi si kecil dengan memberinya mainan dari kardus bekas. Buatlah kardus menjadi terowongan atau benteng, biarkan si kecil merangkak menjelajahi terowongan tersebut.

Selain gratis dan murah, mainan ini akan melatih naluri berpetualang si kecil.

Mainan Berbentuk Unik

Anak kecil cenderung tertarik dengan mainan yang bervariatif, misalnya wadah berbentuk bulat, segitiga, kotak atau balok berlubang. Si kecil akan tertarik untuk mencocokkan dan memasukkannya ke lubang yang sesuai.

Tidak perlu khawatir mencari mainan yang pas untuk anak usia 6 hulan hingga 1 tahun, pasalnya mainan-mainan edukasi anak banyak ditemukan di toko-toko terdekat bunda.

One thought on “Mainan Edukasi Anak Untuk Usia 6 Bulan Hingga 1 Tahun

  1. Pingback: 7 Candi Sebagai Wisata Edukasi Anak Yang Wajib Kamu Kunjungi - Mypoly Indonesia - Bikin Kaos Custom Desain Sesukamu

Tinggalkan Balasan