Mengatasi Anak Kecanduan Game Online, Yuk Kenali Cirinya

Mypoly Indonesia – Buah hati suka bermain game berjam-jam dan susah disuruh berhenti? Waspada ya bun, itu salah satu tanda si buah hati mulai kecanduan game.

Dikutip dari Parentzone.org.uk pada Desember 2017, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memasukkan Gaming Disorder (GD) dalam edisi terbaru International Klasifikasi Penyakit.

Ini didasarkan pada American Psychiatric Association yang memasukkan Internet Gaming Disorder dalam edisi terbaru Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental pada 2013.

Ciri anak yang kecanduan game ditandai dengan frekuensi bermainnya yang lebih dari tiga kali dalam satu minggu, setiap kali bermain bisa sampai lebih dari dua jam. Bahkan si buah hati sampai tidak belajar, bermain, bahkan tidur, demi bermain game.

Selain itu ciri lain anak mulai kecanduan adalah saat kita memintanya mengurangi jam bermain ponselnya, seriongkali anak marah dan bahkan terjadi permusuhan.

Baca Juga – 9 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Untuk itu bunda perlu melakukan tindakan preventifuntuk mengatasi anak kecanduan game online. Berikut ini beberapa hal yang bisa bunda lakukan.

Ajak bicara dan luangkan waktu bersama anak

Kita bisa mengajaknya bicara secara baik-baik, buat kesepakatan soal jam bermain, jangan sampai mengganggu aktivitas belajar atau aktivitas lainnya.

Hindari perilaku otoriter

Jangan mengambil paksa ponsel anak saat bermain game, karena pada kenyataannya tindakan ini hanya menghentikannya sementara, sebaliknya anak akan semakin berani dan bahkan balik memarahi.

Baca Juga – 15 Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Dan Mandiri

Jangan langsung melarang

Jangan langsung melarang anak bermain game, anak kecil biasanya memiliki banyak akal, dan dia akan melakukan apapun agar keinginannya tercapai.

Jika langsung melarangnya bermain game, kemungkinan besar anak justru mencari berbagai cara agar tetap bisa bermain game, bisa saja dia pergi ke warnet game online dan bisa saja dia akan berbohong kepada Bunda.

Alihkan perhatian

Alihkan perhatian anak dari gadgetnya, misalnya dengan mengajaknya jalan-jalan atau melakukan aktivitas lain diluar rumah yang bisa mengalihkannya dari ponsel.

Seleksi game

Pilihlah game sesuai dengan usianya. Bunda bisa memilihkan game yang mengandung unsur edukasi, yang bisa merangsang daya nalar, pengetahuan, imajinasi, dan kreatifitas anak. Hindari game-game yang mengadung hal negatif seperti perkelahian, kekerasan, dan unsur seksual.

Terapi

Ini adalah cara terakhir jika bunda merasa cara-cara diatas gagal untuk mengatasi kecanduan game anak. Terapi berfungsi untuk membantu anak memaknai apa akibat dari kecanduanya. Selain itu ini juga akan membantu mendorong si kecil untuk melakukan hal yang lebih positif.

Baca Juga

Itulah cara mengatasi anak yang sudah kecanduan game online. Tetap melakukan pengawasan ya bunda.

2 thoughts on “Mengatasi Anak Kecanduan Game Online, Yuk Kenali Cirinya

  1. Pingback: Gejala Depresi pada Anak dan Cara Mengatasinya - Mypoly Indonesia

  2. Pingback: Aktivitas Ini Bisa Membantu Anak Belajar Berdiri - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan