Mypoly Indonesia – Pada umumnya bayi mengalami sembelit pada usia 1 tahun. Sembelitt atau susah buang air kecil pada anak kecil disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor makanan yang di konsumsi si kecil. Perubahan tekstur makanan, konsumsi susu formula berlebihan atau kurangnya asupan cairan menjadi salah satu penyebab anak mengalami sembelit.

Sembelit pada anak berusia 1 tahun ditandai dengan feses yang menjadi keras dan berbentuk seperti feses kambing. Berikut ini yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi bayi yang mengalami sembelit.

Baca Juga – Cara Mengatasi Anak Susah BAB

Membuat Food Diary

Jika si kecil sembelit bunda bsia mengubah makanan yang bunda berikan. Buatlah food diary atau catatan makanan apa saja yang dikenalkan ke si kecil, terutama di masa awal MPASI.

Catatan ini bisa berbentuk menu yang bunda berikan, reaksi si kecil pada menu tersebut, hingga hasil poop si kecil. Catatan ini akan memudahkan bunda dan dokter DSA jika si kecil mengalami alergi atau kontimpasi.

Pijat ILU

Pijat ILU atau yang biasa disebut Pijat I Love You adalah memijat area perut bayi dengan gerakan membuat simbol i love you, ini akan merangsang timbulnya rasa ingin buang air besar. Pijat ini harus dilakukan rutin saat anak mengalami sembelit ya Bun. Jangan lupa untuk menggunakan minyak saat memijat bayi.

Gerakan Gowes Sepeda

Caranya dengan menekuk kedua paha si kecil ke arah perut seperti saat mengkayuh sepeda. Gerakan ini akan meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan kotoran terdorong keluar.

Pilih Susu Formula Yang Tepat

Si kecil mengkonsumsi susu formula bun? Bisa saja ada yang salah dnegan susu formulanya, entah susunya atau takarannya.

Konsultasilah pada DSA untuk memilih mana susu formula yang sesuai dengan si kecil.

Baca Juga – Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar, Jangan Asal Sikat Ya Bun

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Biasakan si kecil mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, minimal 2-3 gelas sehari. Selain air putih bunda juga bisa memberikannya makanan berkuah, sayur atau jus dalam jumlah yang cukup.

Ajari Si Kecil Pup Teratur

Bunda bisa mengajarkan pola buang air besar secara teratur kepada si kecil. Bunda bisa mengajarkan toilet training, misalnya dengan memintanya duduk diatas pot selama 10 menit pada waktu yang sama setiap hari.

Baca Juga

Berikan Obat Pencahar

Bila si kecil masih susah BAB, bunda bisa memberikan obat pencahar. Tapi ingat ya, harus konsultasi dengan DSA agar mendapatkan obat yang sesuai dengan si kecil.

Itulah 7 cara mengatasi anak susah BAB ya bun. Pastikan selalu melakukan pengawasan dan pencegahan, selalu jaga kesehatan si kecil dan kebersihan lingkungan ya bun.