Mengatasi Kurang Gizi Pada Anak Usia Sekolah

Mypoly Indonesia – Memasuki usia sekolah (usia 6-12 tahun) anak memerlukan nutrisi yang maksimal untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Namun ternyata masih ada beberapa anak usia sekolah yang mengalami kurang gizi lho bun. Ini yang menjadi penghambat pertumbuhannya.

Selain itu, kurangnya asupan gizi juga veresiko pada kesehatannya dan bisa menghambat proses belajarnya. Lalu bagaimana cara mengatasi kurang gizi pada anak usia sekolah? Berikut ini penjelasannya, disimak ya bun.

Baca Juga – Gejala Bayi Alergi Susu Formula dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi kurang gizi pada anak usia sekolah

Berkonsultasilah ke dokter

Jika bunda merasa anak mulai kehilangan berat badan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik anak mulai dari mengukur tinggi, berat badan, dan indeks masa tubuh,tes darah, hingga beberapa tes tambahan berdasarkan riwayat medis untuk mengambil langkah selanjutnya.

Perubahan pola makan

Perubahan pola makan bergantung pada kondisi anak. Biasanya saat berkonsultasi ke dokter, anak akan disarankan meningkatkan asupan kalori , protein, karbohidrat, cairan,vitamin dan mineral secara bertahap. Hal ini dilakukan agar mengurangi resiko anak terkena komplikasi seperti infeksi.

Beberapa dokter mungkin menyarankan resep dan suplemen makanan seperti vitamin, mineral, dan protein. Anak mungkin diminta mengkonsumsi suplemen nutrisi khusus yang bisa meningkatkan asupan energi dan protein.

Pantau perkembangan dan status gizi anak

Berkonsultasilah ke dokter secara rutin untuk mengetahui bagaimana perkembangan gizi anak. Ini sangat penting agar bunda bisa mengontrol apa yang seharusnya di konsumsi anak.

Baca Juga

Meskipun bunda bisa melakukannya dirumah, sangat disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi ya bun.

Tinggalkan Balasan