Cara menghapus akun Gmail dan menambahkan akun baru

Cara menghapus akun Gmail bisa menggunakan smartphone atau desktop dengan berbagai cara. Langkah ini biasanya dilakukan oleh pengguna untuk alasan seperti keamanan data atau hal-hal tertentu lainnya.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa Gmail merupakan salah satu media sosial yang sangat penting dan dibutuhkan untuk banyak hal. Selain dapat terhubung ke platform lain, email Google juga digunakan untuk pekerjaan, transaksi, dan lainnya.

Oleh karena itu, meskipun Anda menghapus email Google, Anda dapat menambahkan akun lain lagi. Dengan cara ini, Anda dapat terus melakukan banyak aktivitas online dengan Gmail baru.
Cara menghapus akun Gmail di HP

Menghapus akun Gmail dengan ponsel juga bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung jenisnya. Pengguna Android dan iOS memiliki langkah yang berbeda seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Dengan HP

Menghapus email dengan HP adalah langkah termudah karena hampir semua orang menggunakan perangkat ini. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Gmail di ponsel Anda dan kemudian klik pada tiga titik di sudut kiri.

Informasi email akan muncul kemudian. Kemudian pilih akun “Kelola Akun” dan masuk ke pengaturan akun. Pilih “Google” dan Gmail yang akan dihapus dan yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi “Hapus Akun”.

Menggunakan Android

Menghapus dengan smartphone Android tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Pertama, buka saja pengaturan di Android dan klik “Akun”, lalu pilih “Google” hingga Anda melihat beberapa akun masuk di ponsel Anda.

Pilih email yang ingin Anda hapus, lalu klik ikon tiga titik di sudut kanan. Pada langkah selanjutnya pilih “Hapus akun”, nanti Google akan dihapus dari perangkat meskipun tidak permanen.

Menggunakan iOS

Selain pengguna Android, menghapus Gmail juga bisa dilakukan dengan perangkat iOS. Cara pertama adalah dengan membuka aplikasi Gmail yang terpasang di iPhone atau iPad Anda.

Selanjutnya, di kanan atas, pilih foto profil dari Gmail yang ingin Anda hapus. Pilih Manage Account, lalu munculkan menu Data and Personalization. Ada beberapa opsi dalam menu, Anda hanya perlu menghapus ikon hapus.
Hapus Gmail melalui desktop

Selain menggunakan smartphone, Anda juga dapat menghapus akun Gmail menggunakan desktop. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Anda tinggal buka Google di laptop Anda dan ketik email yang ingin Anda hapus.
Kemudian, di akun Google Anda, pilih "Data dan Privasi" dan arahkan ke opsi "Data dan Privasi Anda".
Pilih menu "Lainnya" lalu klik "Hapus Akun Google Anda".
Terakhir, ikuti saja petunjuknya sampai proses penghapusan selesai.

Menambahkan akun Gmail di perangkat

Jika Anda telah menghapus Gmail, Anda juga dapat menambahkan akun kembali sehingga Anda dapat kembali online dengan akun baru. Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan sendiri seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Buat Akun

Langkah pertama adalah membuat akun dengan masuk ke menu pengaturan di smartphone kemudian masuk ke menu “Akun”. Selanjutnya, pilih “Tambah Akun” dan klik ikon Google. Nanti akan muncul dua pilihan, kamu tinggal pilih “Create New Account”.

Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang diberikan hingga kotak “Privasi dan Ketentuan Penggunaan” muncul di akhir proses. Anda dapat mengklik “Saya setuju” setelah membaca dan akhirnya hanya menunggu konfirmasi nama pengguna dan kata sandi.

Menambahkan akun

Setelah membuat akun baru, yang harus Anda lakukan adalah menambahkannya ke perangkat Anda dengan membuka aplikasi Gmail. Pilih ikon tiga titik di sudut kiri atas untuk melanjutkan memasukkan informasi email.

Termasuk menampilkan nama dan alamat email Anda. Pada langkah selanjutnya pilih “Tambah akun” lalu pilih Google. Terakhir, masukkan alamat Gmail dan kata sandi Anda.

Beberapa orang menghapus Gmail karena alasan tertentu, salah satunya adalah keamanan data. Ada beberapa cara untuk menghapus akun Gmail Anda sendiri dan Anda dapat menggunakan perangkat seluler dan desktop.

Sumber :