Penyebab Anak Sering Mengigau Saat Tidur

Mypoly Indonesia – Bunda pasti pernah mendengar si kecil mengigau saat sedang tidur. Mungkin bunda mengira si kecil sedang bermimpi kan?

Anak yang mengigau saat tidur biasanya disertai dengan berbicara,mengadu giginya, atau bahkan sambil berjalan. Memang terlihat sepele ya bun, namun kenyataannya ini bisa menjadi tanda berbagai macam gangguan.

Lalu apa saja penyebab anak sering mengigau saat tidur? Berikut ini beberapa penyebab anak sering mengigau saat tidur.

Baca Juga – 9 Cara Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Mengalami kejadian yang berkesan

Kejadian atau momen yang berkesan sangat mudah tertanam di dalam pikiran si kecil. Ini mengakibatkan dia akan selalu mengingat momen berkesan tersebut di dalam alam bawah sadar hingga dia tidur.

Saat mengigau anak bisa mengucapkan kata-kata yang sama persis saat momen tersebut lho bun.

Ada keinginan yang belum terpenuhi

Penyebab lainnya adalah, ada keinginannya yang belum terpenuhi. Keinginan ini cenderung pada kebutuhan psikis, misalnya ingin ditemani, diperhatikan orang tua, ingin didampingi, diberikan kebebasan, hingga didengarkan orang tuanya.

Jika kebutuhan psikis ini tidak dipenuhi, akibatnya emosi anak akan tersimpan di dalam memori dan diluapkan dalam bentuk igauan saat dia tidur.

Biasanya si kecil akan mengucapkan berbagai bentuk nama, misalkan “mama”, “papa”, “ayah”, dan nama panggilan lainnya, atau bahkan hingga menangis.

Tidur dalam kondisi yang sangat lelah

Bermain terlalu lama hingga menjelang waktu tidur bisa membuat anak kelelahan lho bun. Akibatnya tidur si kecil pun akan terganggu, tidak nyenyak, tidur dalam keadaan gelisah hingga akhirnya mengigau.

Ini dikarenakan apa yang baru saja dilakukan si kecil terekam hingga alam bawah sadar.

Ada keinginan yang diharapkan

Tidak semua anak berani untuk mengungkapkan keinginannya ke orang tua, sebagian anak malah lebih memilih memendam keinginannya.

Akibatnya, saat tidur keinginan anak yang diharapkan anak ini akan keluar dalam bentuk igauan. Biasanya anak akan mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata-kata seperti menyebutkan nama tepat yang ingin dikunjungi, nama makanan yang ingin di konsumsi, atau keinginan lain yang belum tersampaikan.

Baca Juga

Melihat hal yang mengerikan

Jika anak menonton hal yang mengerikan menjelang waktu tidur, apa yang dia saksikan akan terekam dibawah alam sadarnya, akibatnya dia akan mengigau dengan berteriak, atau menangis ketakutan.

Itulah penyebab anak sering mengigau pada saat tidur. Alangkah baiknya bunda selalu mengawasi aktvitas si kecil ya bun, perhatikan pola tidurnya, terlebih aktivitas-aktivitas yang dia lakukan menjelang waktu tidurnya.

One thought on “Penyebab Anak Sering Mengigau Saat Tidur

  1. Pingback: Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Dengan Benar, Jangan Asal Sikat Ya Bun - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan