Penyebab Gigi Kuning Pada Anak

Mypoly Indonesia – Gigi kuning tak hanya menyerang orang dewasa, anak kecil juga bisa terserang gigi kuning, atau yang disebut dengan istilah diskolorasi gigi.

Saat gigi anak kuning, bunda gak perlu khawatir secara berlebihan, karena sebagian besar anak kecil pasti mengalaminya. Perubahan warna gigi pada anak ada dua jenis, yaitu perubahan warna internal dan external.

Perubahan secara eksternal biasanya bersifat sementara, dan biasanya dipengaruhi faktor makanan, efek obat, dan lain-lain.

Sedangkan perubahan secara internal bisa terjadi karena kondisi medis atau adanya gangguan metasbolisme dan hipoplasia email.

Baca Juga – 5 Penyakit yang Sering Menyerang Balita

Jadi sebenarnya apa yang menjadi penyebab gigi kuning pada anak ya bun? Dilansir dari parenting.firstcry.com, berikut ini yang menjadi penyebab gigi kuning pada anak.

Penyebab Gigi Kuning Pada Anak

Pembusukan Gigi

Si kecil mungkin pernah mengalami gigi berlubang, atau pembusukan gigi akibat bakteri pada sisa makanan di mulut, inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi kuning.

Tidak Menjaga Kebersihan Mulut

Pastikan si kecil selalu menjaga kebersihan mulutnya ya Bun. Karena, jika si kecil tidak menyikat gigi atau merawat kebersihan gigi akan berakibat pada perubahan warna gigi dan berbagai masalah kesehatan lain di mulut.

Fluorosis

Fluorida yang berlebihan dalam susu formula atau pasta gigi yang digunakan si kecil bisa menyebabkan fluorida yang menempel du mulut si kecil.

Jumlah fluorida yang ebrlebihan bsia menyebabkan garis-garis atau bercak-bercak pada gigi si kecil.

Penyakit

Waspadai ya bun, beberapa penyakit juga bisa menyebabkan gigi kuning, misalnya heppatitis dan penyakit kuning. Terkadang bayi yang terkena penyakit kuning setelah hari lahir juga memungkinkan si kecil memiliki gigi berwarna kuning.

Baca Juga

Cedera

Cedera pada gigi juga menyebabkan perubahan warna pada gigi. Hal ini bisa disebabkan karena mungkin ada pembuluh darah yang pecah dan mempengaruhi email gigi.

Itulah beberapa penyebab gigi kuning pada anak. Pastikan selalu menjaga kesehatan anak ya Bun, dan biasakan si kecil bisa merawat kebersihan pada mulutnya.

One thought on “Penyebab Gigi Kuning Pada Anak

  1. Pingback: 6 Bahaya Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan