Mypoly Indonesia – Asma merupakan salah satu penyakit yang umum di alamai anak-anak. Akan tetapi belum semua orang tua paham tentang tanda dan gejala asma pada anak. Gejala asma pada anak cenderung mirip seperti infeksi pernapasan lainnya yang mungkin terkesan sepele.

Nah, sangat penting bagi orang tua untuk mengenali gejala asma ini, agar tidak salah dalam melakukan penanganan. APa saja sih tanda dan gejala asma pada anak?

Baca Juga –7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Berapa usia rentan terkena asma?

Asma pada anak bisa muncul di usia berapapun, dan bahkan bisa dideteksi sejak masih bayi. Namun kebanyakan mulai menunjukkan gejala asma di usia lima tahun.

Sampai saat ini pakar belum bisa memastikan penyebab asma pada anak, beberapa pakar menduga bahwa asma bisa terjadi karena anak sering terkena paparan debu, asap rokok, dan polusi udara.

Selain itu faktor kekebalan tubuh anak juga berpengaruh terjadinya asma.

Tanda dan gejala asma pada anak

Tidak semua anak memiliki gejala yang sama , beberapa anak memiliki gejala yang berbeda. Namun secara umum berikut ini gejala awal asma pada anak yang umum terjadi.

  • Batuk terus-terusan yang muncul saat anak sedang bermain, tertawa, menangis atau bahkan tidur.
  • Batuk kronis.
  • Mudah lelah saat bermain, bisa ditandai dengan hilangnya minat anak pada mainan favoritnya.
  • Mengeluh sakit pada dada.
  • Sesak napas.
  • Otot leher dan dada menegang.
  • Napas ngos-ngosan, dada terlihat naik-turun tak beraturan.

Baca Juga

Bila bunda melihat si kecil mengalami gejala-gejala tersebut, segera lakukan tindakkan dengan membawa si kecil ke dokter terdekat ya bun agar segera dapat diketahui penyebabnya. Beberapa infeksi saluran pernapasan lain cenderung memiliki gejala yang mirip dengan gejala asma, sehingga sering kati para orang tua salah langkah saat mengobati anak.

× Konsultasi dengan kami?