11+ Tips Aman Liburan Bareng Suami Saat Sedang Hamil

Mypoly Indonesia – Memiliki momongan menjadi dambaan setiap pasangan. Apalagi kalau usia pernikahan masih relatif muda dan ini adalah momongan pertama, duh. Kalau jaman dulu saat hamil istri banyak diminta untuk beristirahat, tapi jaman now, banyak kok yang lebih memilih berlibur bareng suami padahal usia kandungan sudah menginjak trimester kedua.

Bisa jadi ini adalah liburan terakhir kamu bareng suami untuk menghabiskan waktu berdua bersama suami. Karena pasti setelah kelahiran waktu untuk berdua akan sangat berkurang karena sibuk mengurus si kecil.

Liburan saat hamil akan berbeda dengan liburan biasa. Kamu harus pandai-pandai menjaga stamina dan tempat liburannya pun tidak boleh sembarangan lho! Berikut ini 11 Tips Aman Liburan Bareng Suami Saat Sedang Hamil.

Pastikan kehamilanmu aman dan tidak ada komplikasi

Sebelum berangkat pastikan kamu kehamilanmu aman bun. Konsultasikan rencana Babymoon-mu dengan dokter, apabila kehamilan aman maka kamu bisa melanjutkan rencana liburanmu. Jangan malu bertanya agar kamu dapat informasi semaksimal mungkin.

Pilih destinasi lokal atau destinasi wisata yang tidak terlalu jauh

Jangan terlalu jauh memilih destinasi wisata ya bun, jangan sampai kamu kelelahan, ini akan mempengaruhi kandunganmu. Banyak kok destinasi wisata lokal yang tidak kalah memukau dari wisata luar negeri.

Baca Juga

Hindari tempat-tempat yang memiliki resiko penyakit endemik

Demi keamanan dan keselamatan ibu dan bayi, pilih tempat wisata yang bersih. Hindari tempat-tempat yang membahayakan kamu dan kandunganmu. Meskipun tempatnya bagus tapi kalau bahaya untuk kandunganmu gimana?

Perhatikan cuaca dan tempat inapmu

Kamu juga perlu memperhatikan cuaca dan resort tempat kamu menginap lho bun. Hindari tempat wisata yang memiliki cuaca ekstrim, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin. Ini akan mengganggu kenyamananmu dan si kecil saat liburan. Buat liburanmu senyaman mungkin, libur kan tujuannya untuk menenangkan pikiran, iya kan bun?

Masa kehamilan paling aman untuk berlibur biasanya pada masa trimester kedua

Umumnya pada masa trimester kedua janin lebih kuat dan masa morning sick sudah terlewati. Pada masa inilah masa yang pas buat kamu yang ingin tetpa berlibur meski sedang hamil. Sebaiknya hindari liburan saat trimester ketiga bun, pasalnya pada masa ini kamu bisa melahirkan sewaktu-waktu lho!

Baca Juga

Berencana bepergian ke beberapa kota sekaligus? Kalau dokter memperbolehkan kenapa tidak

Kalau doktermu memperbolehkan, kamu bisa kok berlibur ke beberapa kota sekaligus. Asalkan durasi perjalanannya tidak terlalu panjang ya bun. Jangan sampai perjalanan berliburmu justru membuatmu lelah.

Perhatikan pola makan dan makanan yang kamu konsumsi

Ingat, ada si kecil yang masih bergantung pada nutrisi yang kamu konsumsi lho bun. Jaga pola makan dan hindari makanan dan minuman tidak sehat, tidak higenis dan mengandung alkohol atau kafein.

Berlibur menggunakan mobil? Perhatikan sabuk pengamanmu

Kalau kamu berlibur menggunakan mobil pribadi, perhatikan sabuk pengamanmu ya bun, jangan terlalu ketat dan menekan kandunganmu. Pastikan kandungan aman dan kamu tetap nyaman saat perjalanan.

Destinasi wisata jauh? Pastikan tempat dudukmu memiliki cukup ruang untuk meluruskan kaki

Apabila menggunakan mobil, kamu bisa memundurkan kursi ke belakang agar kamu bisa meluruskan kaki. Pastikan kamu bisa meluruskan kaki agar tetap rileks saat perjalanan.

Baca Juga

Lakukan peregangan saat terjebak macet agar peredaran darah tetap stabil

Tetap jaga peredaran darah bun. Hindari menyilangkan kaki terlalu lama, ini akan membuar peredaran darahmu terganggu. Lakukan peregangan setiap kamu merasa tidak nyaman agar peredaran darah tetap stabil.

 

Nah itulah beberapa tips agar liburanmu bersama suami tetap aman meski sedang hamil. Happy Babymoon ^^

Tinggalkan Balasan