Tips Memaksimalkan Perkembangan Otak Balita Untuk Meningkatkan Kecerdasannya

Mypoly Indonesia – Balita saat memasuki usia 1-3 tahun bisa dibilang masa golden growth, karena pada masa ini perkembangan otak dan pola pikir anak berkembang sangat pesat. Pada masa inilah peran orang tua sangat diperlukan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kecerdasan anak. Lalu apa saja sih yang harus dilakukan mom and dad? Berikut ini Tips Memaksimalkan Perkembangan Otak Balita Untuk Meningkatkan Kecerdasannya yang bisa anda coba.

Selalu Berikan Rasa Aman dan Nyaman

Sangat penting bagi orang tua untuk selalu memberikan rasa aman bagi buah hati. Berilah pelukan, tatapan hangat, dan senyuman pada buah hati. Responsiflah terhadap tangisan bayi, jangan sampai membiarkan si kecil dalam kondisi lingkungan yang bisa membuatnya stres, trauma, dan ketakutan karena diabaikan tanpa rasa kasih sayang. Kondisi bayi yang bahagia dan merasa diperhatikan oleh orang-orang sekitarnya akan berdampak baik pada perkembangan otak bayi. Sebaliknya, saat bayi dalam keadaan stres, otaknya akan mengeluarkan senyawa kortisol yang bisa menghambat perkembangan otaknya.

Yuk Buat Kaos Custom Untuk Si Kecil, Bebas Desain, Tanpa Minimum Order, Klik Disini

Selalu Berikan Nutrisi Yang Cukup

Nutrisi sangat diperlukan balita untuk menunjang perkembangan otak. Berilah ASI eksklusif pada usia 0-6 bulan. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk bayi. Pada masa ini, Si Bunda juga harus menjaga pola makan dan asupan makanannya, karna kualitas ASI sangat berpengaruh pada apa yang dikonsumsi Si Bunda.

Dalam ASI terdapat asam lemak decosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (AA), serta laktosa yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi.

Ajak Si Kecil Berbicara dan Bermain

Orang tua perlu aktif mengajak anak bermain dan berinteraksi. Meskipun si kecil belum mengerti sepenuhnya apa yang dibicarakan orang tua, dengan cepat si kecil akan belajar berbagai hal tentang dunia sekitarnya bila mendapat stimulasi yang tepat. Semakin sering diajak bermain dan berbicara, semakin pesat perkembangan otaknya. Berikan respons yang positif pada si kecil jika mengoceh, karena dari situlah akan tercipta interaksi yang menyenangkan antara orang tua dengan si kecil.

Jadilah Keluarga Yang Kompak Dengan Kaos Couple Family Unik Ini. Yuk Bikin Kaos Couple Family. Klik DIsini

Lakukan Pijatan Santai Pada Bayi

Luangkan waktu untuk memanjakan si kecil. Berikan pijatan ringan pada si kecil sesekali. Memijat bayi ternyata memberikan banyak manfaat seperti membuat si kecil jadi tidur lebih nyenyak, membantu tumbuh kembangnya, dan merangsang perkembangan sel otak bayi menjadi lebih optimal. Pijatan santai yang diberikan akan menciptakan rasa nyaman dan mengurangi stres pada si kecil, sehingga otaknya lebih mampu mengatur emosi.

Baca Juga

Itulah tips sederhana yang ternyata bisa meningkatkan perkembangan dan kecerdasan balita bun.

Tinggalkan Balasan