5 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Mypoly Indonesia – Mencari sekolah yang pas untuk si kecil bukan perkara yang mudah. Biaya dan lokasi bukanlah hal yang harus dipertimbangkan. Namun kenyamanan si kecil saat di sekolah lah yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang mahal pun belum tentu bisa membuat nyaman si kecil.

Berikut ini 5 Tips Memilih Sekolah Untuk Anak yang wajib anda ketahui Bun.

Evaluasi Kepintaran Si Kecil

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik dan berbeda. Ada baiknya kita sebagai orang tua mengevaluasi kecerdasan dan ketanggapan si kecil. Secara garis besar ada 3 aspek yang harus kita evaluasi.

Kepintaran Akal

Kita bisa mengevaluasi kepintaran akal atau mental si kecil. Apakah si kecil bisa berkomunikasi dengan baik, bagaimana dia bisa memecahkan masalah, atau pola pikir yang kritis. Kita bisa menstimulasi kemampuan bahasa, alam, visual, dan logika matematika si Kecil.

Makin Kompak Bareng  Buah Hati Dengan Kaos Couple Family. Mau Bikin? Yuk Klik Disini

Kepintaran Fisik

Kepintaran ini bisa diasah dengan melakukan berbagai permainan karna pada umumnya si kecil lebih menyukai permainan. Rasa percaya diri dan kreatif akan muncul bila kepintaran fisik distimulasi.

Kepintaran Sosial

Kepintaran sosial akan menunjukan sebagaimana si kecil mengontrol emosinya, bagaimana cara dia berinteraksi dengam orang di sekitarnya. Bagaiman si kecil mengatasi konflik dengan temannya, mengungkapkan perasaannya, maupun membantu teman atau orang disekitanya.

Buat Daftar Sekolah Berdasarkan Hasil Evaluasi

Setelah mengevaluasi si kecil, buatlah daftar sekolah yang menjadi pilihan berdasarkan hasil evaluasi tersebut. Misalnya jika anak memiliki kepintaran fisik lebih dominan, pilihlah sekolah yang banyak memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti olahraga. Karna jika kita memaksakan masuk ke sekolah dengan kegiatan ekstakurikuler yang berkaitan dengan sosial maka bisa jadi si kecil akan merasa tidak nyaman.

Begitu juga sebaliknya, jika kepintaran sosial si kecil lebih dominan, pilihlah sekolah yang memiliki banyak kegiatan sosial.

Kunjungi Beberapa Sekolah Yang Sudah Dipilih

Setelah beberapa sekolah sudah dipilih, selanjutnya bunda bisa mengunjungi sekolah-sekolah tersebut. Dengan mengunjungi sekolah secara langsung kita bisa melihat bagaimana kondisi lingkungan sekolah, dan seperti apa interaksi antar murid waupun antara guru dan murid. Kita juga bisa berdiskusi dengan staff atau kepala sekolah untuk menggali info lebih lanjut tentang sekolah tersebut, tentang bagaimana program-program pendidikannya.

Amati juga ekspresi si kecil saat berada di sekolah tersebut dan selama perjalanan. Apakah terlalu jauh? Atau si kecil merasa tidak nyaman di sekolah tersebut?

Si Kecil Ultah? Yuk Bikin Kaos Untuk Acara Ulang Tahun Si Kecil. Klik Disini

Ikut Tes

Beberapa sekolah melakukan tes baik akademis maupun psikotest. Persiapkan si kecil sebelum mengikuti tes. Hasil tes ini juga bisa kita gunakan sebagai evaluasi apakah si kecil cocok dengan sekolah tersebut atau tidak.

Realistis

Terkadang beberapa orang tua memilih sekolah untuk anaknya karena faktor ekonomi yang mapan. Bersekolah di sekolah favorit dan mahal belum tentu membuat si kecil nyaman. Sekali lagi, pilihlah sekolah berdasarkan apa yang digemari si kecil. Agar si kecil bisa berkembang secara maksimal di sekolah tersebut.

Baca Juga

Nah bun, bagaimana? 5 Tips diatas penting banget lho sebelum buah ati kita beranjak ke bangku sekolah. Keberhasilan buah hati wajib kita persiapkan sejak dini lho bun.

Tinggalkan Balasan