Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Mypoly Indonesia – Sistem kekebalan tubuh adalah salah satu bagian terpenting yang harus bunda perhatikan.

Pasalnya saat usia masih di bawah 5 tahun, anak rentan akan terkena serangan virus dan berbagai bakteri karena sistem kekebalan yang masih belum optimal. Berikut ini tips meningkatkan imunitas tubuh anak.

Pencernaan sehat adalah kuncinya

Ada banyak yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan anak, salah satunya adalah dengan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Perlu bunda ketahui, 80% sistem kekebalan tubuh anak tergantung pada sehatnya sistem pencernaan lho! Inilah kunci untuk meningkatkan imunitas si kecil.

Cara meningkatkan sistem pencernaan anak

Untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anak, bunda harus memberikan asupan nutrisi yang seimbang, yang terdiri dari serat, karbohidrat, protein dan vitamin.

Baca Juga – Makanan Penambah berat Badan Anak

Untuk sumber karbohidrat sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, biji-bijian dan lainnya.

Sementara untuk protein bunda bisa mendapatkannya dari daging, hati, ikan, telur, susu dan lainnya.

Berikan si kecil wortel, jeruk, stroberi dan kacang hijau sebagai sumber serat dan vitamin. Selain memberi serat dan vitamin, makanan tersebut juga merupakan sumber Fitonutrein yang efektif dalam melindungi tubuh dari penyakit kronis.

Selain itu berikan sayuran hijau dan lengkapi kebutuhan cairan anak.

Tingkatkan kualitas dan kuantitas tidur anak

Menurut penelitian oleh Kathi Kemper, M.D, ketua Center for Holistic Pediatric Education and Research di Children’s Hospital Boston, membuktikan bahwa kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh anak.

Baca Juga

Saat memasuki usia balita, anak rata-rata membutuhkan waktu tidur ideal selama 12-13 jam, agar si kecil bisa nyaman beristirahat berikut tips yang bisa bunda lakukan

  1. Buat suasana kamar menjadi menyenangkan, taruh beberapa mainan favoritnya di sekitar tempat tidurnya.
  2. Jauhkan si kecil dari gadget atau hal lain yang membuat tidurnya terganggu.
  3. Buat jadwal tidur secara rutin.
  4. Sebelum tidur pastikan si kecil kenyang ya Bun.

Pastikan si kecil aktif bergerak

Menurut Ranjit Chandra, M.D., pakar imun di the Memorial University of Newfoundland, aktif bergerak merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh anak lho Bun. Ada banyak cara untuk membuat si ekcil terus bergerak, berikut beberapa tipsnya Bun.

  1. Berikan mainan yang bisa membuatnya aktif bergerak, misalnya bola, sepeda mainan, dll.
  2. Ajak si kecil bermain di luar ruangan, misalnya di taman.
  3. Jika si kecil sudah terbiasa bermain gadget, batasi penggunaan gadget, pasalnya bermain gadget hanya akan membuat dia semakin malas.

Nah itulah bbeberapa tips meningkatkan imunitas anak. Yang terpenting pastikan si kecil jauh dari paparan asap rokok ya Bun. Di dalam rokok terdapat 4000 racun yang bisa membunuh sel dalam tubuh anak, termasuk mengacaukan sistem imun.

One thought on “Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

  1. Pingback: 6 Bahaya Obesitas Pada Anak dan Cara Mengatasinya - Mypoly Indonesia

Tinggalkan Balasan